Komunikasi memberi informasi, membentuk citra, mempersuasi, dan mendidik masyarakat melalui program-program yang dirancang dengan baik untuk memenuhi kebutuhan khalayak dan keinginan pemasar. Aspek-aspek tentang kebutuhan khalayak, strategi menyusun pesan, memilih media, menyebarluaskan dan mendekati target sasaran dikemas dalam kajian Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Buku ini membantu para…
Buku ini telah menjadi acuan para mahasiswa dari berbagai pendidikan Ilmu Komunikasi dan juga pendidikan Ilmu Sosial di Indonesia. Ulasannya fokus, ringkas dengan bahasa yang ringan sehingga mudah dimengerti. Dalam buku ini, komunikasi digambarkan sebagai suatu kebutuhan yang mutlak dalam kehidupan manusia. Melalui komunikasi yang baik akan memudahkan seseorang untuk mendapatkan sahabat, mitra …
Buku Cara Kreatif Memproduksi Program Televisi ini menjabarkan persaingan dalam kreativitas program televisi dengan potensi sumber daya manusia yang kreatif, kemajuan teknologi, serta kesadaran pada pentingnya auragenik hingga komodifikasi media televisi. Industri televisi telah menjadi bisnis yang sangat penting dan dominan bagi pemasang iklan. Kondisi tersebut memicu kemunculan stasiun televi…
Buku Teknik Produksi Program Radio Siaran ini membahas mengenai Pengenalan medium dan program Radio Siaran. Materi dalam buku ini terbagi menjadi empat bab pembahasan. Sejarah, perkembangan dan pengertian tentang radio siaran membahas mengenai Sejarah Radio Siaran (Broadcastng Radio) dan Fungsi Radio Siaran dalam Mengembangkan Kebudayaan manusia, Radio Siaran sebagai medium komunikasi, akan di …
Memasuki Abad Ke-21 media mengalami perubahan drastis. Kapitalisme dan industrialisasi membuat media berkembang masif, menjadi bagian kehidupan sehari-hari, sampai menembus ranah pribadi. Fenomena itu membutuhkan wawasan dan pendekatan baru dalam kajian media. Literasi Media merespons perkembangan itu dengan cemerlang. Dari menjelajahi sejarah, perkembangan, konteks ekonomi-politik-sosial media…
Buku ini akan membahas dengan detail tentang seluk-beluk bekerja di stasiun TV. Dengan bahasa asik dan menarik, pembaca akan dibawa ke dunia yang berbeda jauh seperti yang kita bayangkan sebelumnya. Brillianto K. Jaya penulis buku ini adalah praktisi yang sudah malang melintang di dunia brodkes akan membedah satu persatu sekaligus rahasia-rahasia dan trik-trik jitu untuk sukses berkarier di d…
Buku Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, Edisi Revisi karya Prof. deddy Mulyana ini melukiskan segudang pengetahuan dan pengalamannya, menunjukkan kapasitasnya sebagai ilmuwan bertaraf internasional. Ia telah melakukan terobosan baru dalam penulisan buku teks ilmu sosial, khususnya ilmu komunikasi di Indonesia. Buku ini mengajak pembaca untuk memahami ilmu komunikasi sebagai hal yang fundamental d…
Daya tarik dan pengaruh produksi program TV sangat tinggi bagi pemirsa. Ketika tayangan program mampu menyesuaikan dengan karakter TV dan manusia terpengaruh oleh TV, maka secara psikis manusia berubah. Ia ingin mendengar dan melihat lebih luas, lebih banyak variasi dan lebih cepat. Jadi, program TV pasti menyesuaikan dengan karakter pemirsa. Oleh karena itu, unsur bisnis segera menangkap karak…
Buku ini mengajak pembaca untuk mengurai komunikasi dalam pelayanan publik secara lebih spesifik, detail, mendalam, dan sistematis. Penulis memulai kajian pembahasan dengan mendudukan paradigma baru pelayanan publik yang kemudian darinya akan berdampak juga pada adanya perubahan mindset aparatur pelayanan publik. Paradigma pelayanan publik dan perubahan mindset sejatinya akan berdampak pada ban…
Hal pertama yang dilakukan oleh pelanggan ketika hendak membeli suatu produk atau jasa adalah melihat iklan dan promosinya. Bagaimana cara membuat copywriting yang menarik dan menjual? Copywriting adalah teknik membuat dan menulis materi pemasaran. Dengan copywriting yang tepat, dapat meyakinkan audiens dalam mengambil tindakan yang mereka inginkan. Misalnya, membeli produk atau layanan, mendaf…