Perpustakaan Sekolah Tinggi Multi Media

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pemrograman pada Game
Penanda Bagikan

Pemrograman pada Game "Misi dalam Pandemi!" Menggunakan Sistem Random untuk Mengacak Kemunculan Objek

Juan Sheva Biagi - Nama Orang;

Menurut data yang
dipublikasikan oleh Satuan Tugas Penanganan COVID-19, kasus terjangkitnya
penyakit ini masih terus meningkat dan kepatuhan masyarakat dalam mengikuti
protokol kesehatan juga masih cukup rendah. Game dapat dibuat untuk mengedukasi
masyarakat tentang protokol kesehatan, tetapi artikel yang membahas tentang
pemrograman game yang terkait dengan imunitas sekaligus protokol kesehatan
masih belum ada. Hal ini mendorong dibahasnya hal tersebut pada skripsi ini,
yaitu pada game “Misi dalam Pandemi!” yang dibuat sehingga memiliki genre runner.
Pada gameplay-nya, karakter harus berlari mencapai sebuah toko (minimarket),
sekaligus mengambil beberapa item atau menghindari beberapa hal yang
berhubungan dengan kebersihan. Hal-hal tersebut dilakukan untuk mengikuti
protokol kesehatan, mempertahankan tingkat imunitas pada batas yang telah
ditentukan, dan untuk menaikkan tingkat imunitas yang telah turun. Proses
pembuatan “Misi dalam Pandemi!” terbagi dalam 3 tahap, yaitu praproduksi,
produksi, dan pasca produksi. Pada tahap praproduksi, tim melakukan
brainstorming mengenai tema yang diangkat, melakukan riset dan analisis data
tentang hal-hal yang diperlukan. Setelah diperoleh kesepakatan, programmer
membuat game prototype. Pada tahap produksi, programmer melanjutkan memprogram
berbagai mekanik dan memasukkan aset-aset game ke dalam Unity engine. Visual
Studio digunakan sebagai IDE. Pada tahap pasca produksi, tim melakukan testing,
revisi, hingga publish. Pada game ini dibuat 9 program inti untuk mengontrol
hal-hal yang berkaitan dengan user interface, karakter, kontrol swipe,
interaksi dan pengendali permainan, kamera, random wilayah, rumah, dan item,
serta penyimpanan progres. Agar permainan tidak terasa repetitif, digunakan
simple random sampling untuk mengacak kemunculan rumah pada wilayah, systematic
random sampling untuk mengacak kemunculan wilayah dan random number untuk
mengacak kemunculan item pada wilayah. Pemrograman & uji coba telah
menghasilkan game “Misi dalam Pandemi!” yang mengacak environtmentnya sehingga
game tidak repetitif. //ir


Ketersediaan
#
Perpustakaan Buku (R. DTP) 108/118-TP/2022
0000024916
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
108/118-TP/2022
Penerbit
Yogyakarta : STMM., 2022
Deskripsi Fisik
ix+86 hlm.; 21x30 cm.; illus.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
005.1 790 1
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
pemrograman game
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Juan Sheva Biagi
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Sekolah Tinggi Multi Media
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Sekolah Tinggi Multimedia adalah unit penunjang yang berada di dalam Sekolah Tinggi Multimedia yang berfungsi memberikan layanan perpustakaan khususnya bagi sivitas akademika di lingkungan Sekolah Tinggi Multimedia. Perpustakaan Sekolah Tinggi Multimedia berkomitmen penuh untuk memberikan dukungan teknis terhadap kegiatan akademik di Sekolah Tinggi Multimedia, yaitu dalam hal pendidikan dan penelitian. Hal ini dilakukan dengan terus mengembangkan diri dan melakukan inovasi dengan pengembangan koleksi, mengembangkan sistem informasi, serta memberikan layanan prima bagi pemustaka.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?