Perpustakaan Sekolah Tinggi Multi Media

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Game 2D
Penanda Bagikan

Game 2D "Shout!!!" Sebagai Media Edukasi Bahasa Inggris Menggunakan Teknologi Speech Recognition

Akbar Briliant Pratama - Nama Orang;

Media edukasi terus
berkembang mengikuti perkembangan teknologi, mulai dari video hingga permainan
digital berupa game dapat dimuati materi edukasi. Teknologi-teknologi tersebut
menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utamanya. Ini menunjukan bahwa bahasa
Inggris perlu dipelajari oleh masyarakat agar dapat mengikuti perkembangan
teknologi. Namun tidak semua orang dapat merasakan manfaat dari game edukasi,
seperti penyandang disabilitas dalam kasus ini para penyandang tuna daksa yang
mengalami kekurangan fisik. Untuk membuat game edukasi bahasa Inggris yang dapat
digunakan penyandang disabilitas metode yang digunakan adalah penggunaan speech
recognition pada game “Shout Out!!!”. Game dibuat menggunakan software game
engine Unity3D dengan mengakses fitur mikrofon dan kemampuan speech recognition
dalam sistem operasi Windows yang akan menangkap suara dari pemain dan diubah
menjadi kode digital berupa perintah untuk menjalankan game. Hasil dari data
oleh 30 orang responden menyatakan bahwa game dengan penggunaan speech
recognition dapat digunakan dengan perintah suara yang berkesan dan menarik.
Dalam penggunaannya mikrofon yang digunakan harus sensitif. Game “Shout Out!!!”
juga memberikan edukasi bahasa Inggris berupa beberapa jenis teks.
Kesimpulannya adalah Game “Shout Out!!!” dibuat sebagai media edukasi bahasa Inggris
dengan teknologi speech recognition agar dapat membantu penyandang disabilitas
menggunakan media edukasi game hanya dengan menggunakan input suara dan
merasakan manfaatnya untuk mempelajari bahasa Inggris.//ir


Ketersediaan
#
Perpustakaan Buku (R. DTP) 64/74-DTP/2020
0000023093
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
64/74-DTP/2020
Penerbit
Yogyakarta : STMM., 2020
Deskripsi Fisik
xvi+95 hlm.; 21x30 cm.; illus.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
005.5 760 372 6
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
game komputer-2D-edukasi bahasa inggris
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Akbar Briliant Pratama
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Sekolah Tinggi Multi Media
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Sekolah Tinggi Multimedia adalah unit penunjang yang berada di dalam Sekolah Tinggi Multimedia yang berfungsi memberikan layanan perpustakaan khususnya bagi sivitas akademika di lingkungan Sekolah Tinggi Multimedia. Perpustakaan Sekolah Tinggi Multimedia berkomitmen penuh untuk memberikan dukungan teknis terhadap kegiatan akademik di Sekolah Tinggi Multimedia, yaitu dalam hal pendidikan dan penelitian. Hal ini dilakukan dengan terus mengembangkan diri dan melakukan inovasi dengan pengembangan koleksi, mengembangkan sistem informasi, serta memberikan layanan prima bagi pemustaka.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?