Penulisan Naskah Public Relations Teori dan Praktik
Keahlian menulis menjadi
syarat mutlak dalam peningkatan proesionalisme dari para Praktisi Public
Relations. Upaya pihak manajemen organisasi untuk membangun hubungan dengan
beragam publik menuntut para praktisi tersebut agar tidak hanya mengembangkan
kemampuan berbicara (lisan), tetapi juga kemampuan menulis (tulisan) yang
dituangkan dalam beragam naskah. Public Relations Writing merupakan aktivitas
menulis yang di desain untuk membangun dan menjaga hubungan yang positif dengan
publik yang dapat mempengaruhi organisasi. Sebagian besar tugas Public
Relations adalah berkaitan dengan keahlian tulis menulis. Bahkan perpaduan
tugas dan bertanggung jawab untuk organisasi satu dengan lainnya mungkin
berbeda, tetapi menulis selalu ada. Maka, seorang Public Relations bertanggung
jawab membuat bermacam-macam media komunikasi. Ada berbagai ragam tulisan yang
bisa dibuat Humas/PR, untuk kemudian disebarkan kepada publik melalui media
massa. Ada tulisan berbentuk company profile, newsletter, iklan korporat dan
sebagainya. Melalui tulisan itu, praktisi Public Relations bisa menyajikan
berbagai informasi mendalam menyangkut apa yang digeluti organisasi, demi kepentingan
publik. //ir
Tidak tersedia versi lain