Branding Destinasi dan Promosi Pariwisata
Industri pariwisata bukan
jenis industri yang mengeruk sumber daya alam hingga menipis, melainkan yang
berupaya menata dan mempercantik negeri agar mendatangkan manfaat dan devisa.
Suatu destinasi pariwisata yang menarik dengan brand yang tepat dapat menjadi
etalase sekaligus area perdagangan hasil pertanian, kelautan, perikanan,
kehutanan, perkebunan, bahkan kuliner. Sebaliknya tanpa brand yang jelas, suatu
tempat yang diklaim sebagai destinasi wisata akan sulit menembus pasar. Karena
itu kita perlu mengkaji potensi suatu tempat yang layak dijadikan objek wisata
dan kemudian menciptakan brand melalui serangkaian aktivitas yang kompleks dan
pertimbangan yang matang agar potensi wisata tersebut dapat menarik wisatawan.
Melelui buku ini kita dapat mempelajari konsep brand dan promosi berdasarkan
kajian marketing dan komunikasi secara umum; penerapan konsep brand dan promosi
untuk kepentingan kepariwisataan agar pariwisata bisa menjadi salah satu sektor
penting dalam menghasilkan devisa negara; serta peran penelitian dalam membantu
pembentukan brand dan promosi pariwisata. Melalui pembahasan ketiga tema yang
dijabarkan dalam tujuh bab tersebut kita dapat memahami teori dan penerapan
tentang brand dan promosi di sektor kepariwisataan secara komprehensif, tetapi
juga dapat mempraktikkannya dalam bentuk penelitian, sehingga implementasi dari
teori yang kita pelajari semakin bermanfaat dan terukur capaiannya. //ir
Tidak tersedia versi lain