Media Relations Konsep, Pendekatan, dan Praktik
Public Relations (PR) pada dasarnya bertumpu pada komunikasi
dan relasi. Melalui PR, organisasi berkomunikasi dan menjalin relasi dengan
publik-publiknya. Dalam menjalin komunikasi dan relasi dengan publik-publiknya,
organisasi memerlukan media massa. Karena itu Media Relations menjadi bidang
penting dalam dunia PR. Ada dua sisi yang hendak dijangkau melalui media
relations. Pertama, menjalin hubungan baik dan berkomunikasi dengan media
massa. Kedua, menjadikan media massa sebagai mitra agar organisasi bisa
berkomunikasi dengan publik-publiknya. Itu sebabnya, media relations menjadi
sangat strategis bagi organisasi. Apalagi, dalam berkomunikasi dan menjalin
relasi itu, organisasipun menggunakan media massa untuk menjaga reputasinya. Oleh
sebab itu, penting sekali bagi (calon) praktisi PR untuk memahami seluk-beluk
dunia media massa. Untuk bisa memahami media massa itu, mereka perlu memahami
mediascape Indonesia mutakhir. Karena dunia media massa Indonesia mengalami
perubahan mendasar sejak reformasi bergulir di bumi pertiwi. Ditambah lagi
dengan munculnya media baru, khususnya yang memanfaatkan internet, yang
memungkinkan juga munculnya praktik e-public relations atau cyber-public
relations. Buku ini membahas konsep-konsep dasar PR yang perlu dipahami dalam
upaya menjalin hubungan yang baik dengan media massa. Selain itu dibahas pula
beberapa pendekatan yang lazim dilakukan dalam media relations, serta sisi-sisi
praktis media relations.Dalam buku ini ditunjukkan beberapa contoh praktis
kegiatan media relations, termasuk contoh media relations dalam situasi krisis.
//ir
Tidak tersedia versi lain