Media Relations: Konsep, Pendekatan, dan Praktik
Public Relations (PR) pada
dasarnya bertumpu pada komunikasi dan relasi. Melalui PR, organisasi
berkomunikasi dan menjalin relasi dengan publik-publiknya. Tentu akan sangat
sulit bagi suatu organisasi bila harus berkomunikasi dan menjalin relasi dengan
publik-publiknya tanpa menggunakan media massa, karena itu, media relations
menjadi bidang penting dalam dunia PR. Ada dua sisi yang hendak dijangkau
melalui media relations. Pertama, menjalin hubungan baik dan berkomunikasi
dengan media massa. Kedua, menjadikan media massa sebagai mitra agar organisasi
bisa berkomunikasi dengan publik-publiknya, itu sebabnya, media relations
menjadi sangat strategis bagi organisasi. Apalagi, dalam berkomunikasi dan
menjalin relasi, organisasi pun menggunakan media massa untuk menjaga
reputasinya, juga muncul dan berkembangnya media baru, khususnya yang
memanfaatkan internet, mungkin juga munculnya praktik e-public relations atau
cyber-public relatios. Buku ini membahas konsep-konsep dasar PR yang perlu
dipahami ketika akan menjalin hubungan yang baik dan berkomunikasi dengan media
massa. Pada edisi revisi ini ditambahkan beberapa sub bab baru, di antaranya
mengenai media relations ditengah perubahan, komunikasi krisis dan media
sosial, serta public relations 4.0. selain itu, ditunjukkan juga beberapa
contoh praktis kegiatan media relations, termasuk contoh media relations dalam
situasi krisis. Oleh karena itu, buku ini penting dibaca oleh para mahasiswa
PR, lulusan program studi PR yang hendak berkecimpung dalam dunia PR, konsultan
PR, dan para peminat PR. //ir
Tidak tersedia versi lain