Customer Relationship Management untuk UMKM
Customer Relationship Management (CRM) merupakan suatu strategi perusahaan dalam menjalin
hubungan dengan pelanggan. Buku ini lebih dititik beratkan kepada CRM dan
bagaimana CRM ini diimplementasikan pada UMKM. Selama ini CRM identik dengan
penggunaan teknologi yang canggih dan mahal, padahal dalam kenyataannya tidak
harus selalu demikian. Dalam buku ini diulas bagaimana dengan teknologi yang
sederhana CRM dapat diimplementasikan di UMKM. Buku ini terdiri dari empat bab.
Bab 1 dimulai dengan prinsip dasar CRM yang terdiri dari konsep, definisi,
strategi, proses, jenis, peran serta manfaat CRM. Bab 2 bercerita tentang UMKM
khususnya di Indonesia, dimulai dengan gambaran umum UMKM,
peraturan/undang-undang UMKM, klasifikasi UMKM serta perkembangan UMKM di
Indonesia. Bab 3 berisi tentang program CRM untuk meningkatkan loyalitas
pelanggan yang terdiri dari program, dimensi serta tahapan CRM di UMKM. Bab 4
membahas Implementasi CRM di Indonesia di berbagai jenis UMKM. //ir
Tidak tersedia versi lain