Perpustakaan Sekolah Tinggi Multi Media

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Perancangan Gamifikasi Tindakan Peringatan Dini Banjir Menggunakan Permainan
Penanda Bagikan

Perancangan Gamifikasi Tindakan Peringatan Dini Banjir Menggunakan Permainan "Cikeas-Cileungsi Overflow" pada Komunitas KP2C

Christoffel - Nama Orang;

Peran sistem peringatan
dini oleh Komunitas KP2C dalam memberikan informasi bencana banjir yang kerap
terjadi di daerah aliran sungai Cileungsi-Cikeas sangat membantu masyarakat
dalam mengurangi dampak dari bencana banjir yang tidak terhindarkan. Penciptaan
permainan “Cikeas-Cileungsi Overflow” bertujuan untuk mengenalkan pengetahuan
tentang tindakan yang berkaitan dengan peringatan dini banjir ke masyarakat
luas dengan lebih efektif dan menyenangkan. Dengan menggunakan metode
gamifikasi, kegiatan nyata yang dilakukan KP2C seperti berinteraksi dengan
warga melalui media sosial, mengawasi kondisi hulu sungai, sampai memberikan
peringatan bencana, dapat ditampilkan dalam bentuk yang lebih sederhana menjadi
sebuah permainan edukasi. Proses penciptaan permainan dilakukan dengan
melakukan riset terhadap macam kegiatan KP2C dalam menjadi sebuah instrumen
peringatan dini dan kemudian mengubah data tersebut menjadi sebuah mekanik
permainan. Melalui hasil testing game, 93,4% responden menyebutkan gameplay
yang ditampilkan di dalam game “Cikeas-Cileungsi Overflow” sudah cukup menarik
dan 90% responden menyatakan pemahaman tentang konsep sistem peringatan dini
banjir sudah tersampaikan dengan baik. Masih terdapat beberapa aspek yang perlu
dikembangkan kedepannya dari game “Cikeas Cileungsi Overflow” khusunya pada
mekanisme leaderboard yang masih memiliki kendala dan lanjutan pengembangan ke
platform Android. //ir


Ketersediaan
#
Perpustakaan Buku (R. DTP) 103/113-TP/2022
0000024911
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
103/113-TP/2022
Penerbit
Yogyakarta : STMM., 2022
Deskripsi Fisik
xvi+79 hlm.; 21x30 cm.; illus.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
005.5 363 34936
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
game komputer-pengamanan banjir
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Christoffel
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Sekolah Tinggi Multi Media
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Sekolah Tinggi Multimedia adalah unit penunjang yang berada di dalam Sekolah Tinggi Multimedia yang berfungsi memberikan layanan perpustakaan khususnya bagi sivitas akademika di lingkungan Sekolah Tinggi Multimedia. Perpustakaan Sekolah Tinggi Multimedia berkomitmen penuh untuk memberikan dukungan teknis terhadap kegiatan akademik di Sekolah Tinggi Multimedia, yaitu dalam hal pendidikan dan penelitian. Hal ini dilakukan dengan terus mengembangkan diri dan melakukan inovasi dengan pengembangan koleksi, mengembangkan sistem informasi, serta memberikan layanan prima bagi pemustaka.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?