Perpustakaan Sekolah Tinggi Multi Media

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Teknik Paper Cut Modeling Pada Animasi 3D “IMAJI”
Penanda Bagikan

Penerapan Teknik Paper Cut Modeling Pada Animasi 3D “IMAJI”

Isyfi Arief Darmawan - Nama Orang;

Produksi animasi 3D memiliki beberapa tahapan proses pengerjaan, salah satunya adalah modeling yang merupakan proses pembuatan representasi objek 3D yang memiliki tinggi ruang dan volume dengan bentuk visual nyata. Inovasi dan ekspolarsi dalam dunia animasi 3D khususnya pada proses modeling adalah alasan yang melatarbelakangi penerapan teknik paper cut modeling pada animasi 3d "imaji" ini sendiri. Selain itu, penerapan teknik paper cut modeling ini sangat membantu dalam hal efektifitas saat menampilkan maupun menggerakkan suatu objek karena objek tersebut termasuk dalam objek lowpoly, yaitu objek dengan jumlah poligon yang cenderung sedikit. Sehingga dalam proses preview dan rendering, objek-objek yang sudah tersusun menjadi suatu scene terasa lebih ringan dan cepat. Metode yang digunakan oleh penulis adalah mengimpor tekstur yang telah dibuat sebelumnya menggunakan software adobe photoshop menuju software blender versi 3.0 dalam bentuk gambar objek 3D atau image as planes. Gambar yang sudah menjadi objek 3D didalam blender akan diolah menggunakan knife tools dan dibentuk menggunakan command rotate atau perintah merotasi agar objek 3D tersebut dapat dengan mudah disesuaikan bentuknya. Hasil dari penerapan teknik paper cut modeling pada animasi 3d "imaji" cukup memuaskan, namun ada beberapa hal seperti kecocokan warna tekstur saat proses pengimporan dari software photoshop menuju blender sedikit terjadi reduksi atau penguragan ketepatan warna. Dalam prosesnya, penulis berkali-kali mencoba menyesuaikan kembali warna dengan mengedit tekstur menggunakan software photoshop dan mengulangi proses impor tekstur menuju blender dalam bentuk gambar objek 3D atau image as planes.













Ketersediaan
#
Perpustakaan Buku (R. ANI) 178/198-ANI/22
0000025543
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
178/198-ANI/22
Penerbit
Yogyakarta : STMM MMTC., 2022
Deskripsi Fisik
xvi+148 hlm.; 21,5x29,5 cm.; illus.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
778.53 791.43
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Sinematografi Film Animasi
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Isyfi Arief Darmawan
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Sekolah Tinggi Multi Media
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Sekolah Tinggi Multimedia adalah unit penunjang yang berada di dalam Sekolah Tinggi Multimedia yang berfungsi memberikan layanan perpustakaan khususnya bagi sivitas akademika di lingkungan Sekolah Tinggi Multimedia. Perpustakaan Sekolah Tinggi Multimedia berkomitmen penuh untuk memberikan dukungan teknis terhadap kegiatan akademik di Sekolah Tinggi Multimedia, yaitu dalam hal pendidikan dan penelitian. Hal ini dilakukan dengan terus mengembangkan diri dan melakukan inovasi dengan pengembangan koleksi, mengembangkan sistem informasi, serta memberikan layanan prima bagi pemustaka.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?