Buku ini ditulis secara sistemtis dengan tujuan agar pembaca mengetahui dan mengerti tentang perkembangan teknologi komunikasi dalam konvergensi media, dan diharapkan dapat mengerti dan memahami jenis media baru (new media) yang digunakan dalam berkomunikasi terutama pada era digital media. Selain itu, melalui buku ini pembaca diharapkan mampu memahami dan hingga menganalisa bagaimana konvergen…
Sosiologi media adalah cabang sosiologi umum yang mengkaji berbagai permasalahan yang muncul dalam interaksi sosial yang di dalamnya melibatkan media sebagai keniscayaan. Media adalah teknologi ciptaan manusia. Pada era masyarakat media terjadi pembalikan atas posisi media, yakni bukan manusia yang mengendalikan media, melainkan media yang mengendalikan bahkan membentuk manusia secara so…
Laju perkembangan teknologi media menuntut adaptasi perilaku dan nilai secara cepat, terutama bagi kelompok digital immigrant. yaitu orang-orang yang lahir sebelum teknologi digital dimanfaatkan secara masif. Para pendatang di dunia digital dibesarkan dalam budaya yang jauh berbeda dengan situasi saat ini. Mereka terbiasa dengan pola pertukaran informasi yang tertunda (delayed feedback), ketika…
Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi menyebabkan menjamurnya media online sehingga kurang terkontrolnya manajemen perusahaan yang ada. Kemudahan untuk melegalisasikan perusahaan media membuat banyak pemilik media mengabaikan tata kelola sebuah media massa. hal ini menjadi kunci bahwa perlunya edukasi untuk mengelola media massa yang sesuai dan teratur. Buku "Mengelola Media Massa" menyaj…