Membuat animasi 2D tidak harus selalu identik dengan cara digital, sebab sebelum berkembangnya era digital, animasi 2D sudah eksis jauh sebelumnya. Tetapi dengan adanya era digital tentu saja mempengaruhi generasi sekarang untuk membuat animasi 2D dengan cara yang berbeda sesuai dengan zamannya. Kebanyakan pelajaran membuat animasi 2D cenderung hanya mempelajari perangkat lunak (sofware) dan motion graphic, hingga animasi yang diharapkan tidak tercapai. Dalam pembuatan animasi 2D yang merupakan acuan untuk animasi 3D masih ditemukan gerakan yang tidak alami dan patah-patah. Buku ini memberikan solusi buat mereka yang serius ingin menguak rahasia animasi 2D yang pasti memudahkan penerapan pada software 3D animasi. Terdiri dari tiga bagian pembahasan meliputi: (1) Animasi; (2) Laws of Motion in Animation; (3) Hybrid Technique Animation. Buku ini berfokus pada prinsip-prinsip animasi dan contoh gerakannya serta penerapan menggunakan software 2D. Buku ini tidak mencakup seluruh gerakan, sebab akan berlanjut ke buku lainnya yaitu "2D Animation-Book B". //ir