Bakpia merupakan salah satu
oleh-oleh khas Yogyakarta. Namun, banyak masyarakat Indonesia yang kurang tahu
akan oleh-oleh ini. Padahal masyarakat khususnya generasi muda mempunyai
peranan penting dalam pengenalan makanan atau olej-oleh khas Yogyakarta. Perlu
adanya suatu media yang dapat mengenalkan bakpia dengan cara yang lebih
atraktif dan efektif. Media game cocok untuk mengenalkan bakpia. Pengguna
smartphone dan generasi muda yang bermain game sangat banyak, membuka peluang
besar game sebagai media pengenalan bakpia. Untuk mengenalkan bakpia dalam game
“Bakpia Maker To Go”, penulis menggunakan bakpia sebagai misi dalam game.
Dengan genre Time Management, pemain yang jarang melakukan kesalahan akan
sangat mudah memainkan game ini. Pemain dapat menjualkan bakpia dengan pesanan
customer yang berbedabeda atau keingan customer yang varian serta mendapatkan
uang dari kepuasan customer terhadapat kemiripan pesanan. Untuk memperjelas
bakpia, pemain juga dapat melihat keseluruhan macam bakpia dengan ukuran yang
berbeda-beda dan varian yang berbeda-beda serta dari mana bakpia tersebut
berasal di menu UMKM Bakpia Yogyakarta. Hasil yang didapat dari data 35
responden yang bermain game “Bakpia Maker To Go” adalah banyak responden yang
menyatakan menarik dan menambah wawasan tentang varian rasa serta macam bakpia
yang ada di daerah sentral Bakpia Pathuk Yogyakarta.Dengan genre Time
management pemain diuji tingkat kemampuannya untuk mengelola waktu dan
ketelitian. Dapat dipelajari dari penciptaan game ini ketepatan dan ketelitian
terhadap pesanan customer akan mempengaruhi uang dan bintang yang di peroleh.//ir