Skripsi

Integrated Marketing Communication Untuk Meningkatkan Jumlah Wisatawan (Studi Kasus Dinas Pariwisata Lumajang)

Abstraksi
Kabupaten Lumajang merupakan kabupaten yang berlokasi di dekat Gunung Semeru, sehingga memiliki potensi wisata yang tinggi. Karena banyaknya tempat wisata di Lumajang utamanya wisata alam. Dinas Pariwisata Lumajang harus melakukan pemasaran untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatwan. Sehingga tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui integrated marketing communication yang digunakan Dinas Pariwisata Lumajang untuk meningkatkan jumlah kunjungan. Peningkatan wisatawan dianggap penting karena karena tingginya jumlah kunjungan dapat meningkatkan pendapatan daerah. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan yaitu melakukan wawancara dengan narasumber Dinas Pariwisata Lumajang yang memiliki peran dalam pemasaran pariwisata, observasi, dan dokumentasi pengambilan data sesuai dengan penelitian. Hasil yang didapatkan dari penelitian yaitu IMC yang digunakan oleh Dispar Lumajang yaitu iklan, sales promosi, direct marketing, public relation, personal selling. Dan dari data kunjungan yang sudah dipaparkan dapat menunjukkan bahwa dengan menggunakan elemen IMC, Dinas Pariwisata dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan. Implementasi dari IMC yang dilakukan Dispar yaitu memasang iklan pada televisi, brosur, dan majalah; sales promosi dengan membuat paket wisata yang ditawarkan kepada agen atau biro perjalanan; public relation dengan melakukan pelatihan pokdarwis dan peningkatan SDM; direct marketing dengan melakukan telemarketing kepada biro atau agen perjalanan; dan personal selling yang dilakukan oleh Duta Wisata untuk mengikuti event pariwisata atau pameran pariwisata.
Seri
Catatan
Sumbangan dari alumni STMM lulus tahun 2022, an. Moelyta Padma Reza, PS MIK, skripsi diterima tanggal 11-07-2022, sebanya 1 eksemplar
ISBN
No Barcode Register Lokasi Status
1 0000025568 222/235-MIK/22 R. MIK Ada
No Pengarang Jabatan
1 Moelyta Padma Reza Penulis
No Subyek
1 KOMUNIKASI PEMASARAN- PARIWISATA
No Kata Kunci
1 DINAS PARIWISATA LUMAJANG
2 INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION
3 JUMLAH WISATAWAN
4 MARKETING COMMUNICATION
5 MENINGKATKAN JUMLAH WISATAWAN
6 STUDI KASUS
AsalIndonesia
BahasaIndonesia
JenisKarya Ilmiah
PenerbitSTMM
Kota Terbit Yogyakarta
Tahun2022
Call Number658.812 910.92 MOE i
Kolasixvi+121 hlm.; 21x29 cm.; ilus.
Edisi
BibliografiAda
Halaman104
IndeksTidak Ada
RelesaseYa
Jumlah Eks1
Kembali