Skripsi

Strategi Komunikasi Publik Komisi Pemilihan Umum dalam Meningkatkan Partisipasi Pemilu 2019 di Kota Blitar

Abstraksi
KPU Kota Blitar pada pemilu 2019 berhasil mencapai angka target partisipasi masyarakat sebesar 84% dibandingkan pada pemilu 2014 sebesar 78%. Keberhasilan KPU Kota Blitar dalam meningkatkan partisipasi masyarakat pada pemilu 2019 tentu memiliki strategi komunikasi yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi komunikasi publik KPU dalam meningkatkan partisipasi pemilu 2019 di Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori strategi komunikasi Lasswell yaitu memilih dan menetapkan komunikator, menetapkan target khalayak, teknik menyusun pesan, dan memilih media atau saluran komunikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi KPU dalam menetapkan komunikator yaitu melibatkan seluruh anggota dan staff KPU, berkoordinasi bersama stakeholder terkait, membentuk badan ad hoc, dan Relawan Demokrasi. Strategi KPU dalam penetapan target khalayak dengan berkoordinasi bersama stakeholder, badan ad hoc, dan Relawan Demokrasi. Strategi KPU dalam penyusunan pesan adalah pemilihan penggunaan bahasa yang disesuaikan dengan target khalayak yaitu bahasa lokal dan bahasa kekinian. Strategi KPU dalam memilih media atau saluran komunikasi yaitu menggunakan media daring, media luring, dan saluran komunikasi. Strategi tersebut berhasil meningkatkan partisipasi masyarakat dalam penerimaan perangsang politik, karakterstik sosial individu, sistem politik dan partai politik, serta perbedaan regional sehingga sosialisasi dapat diterima dan dipahami secara efektif.

Seri
Catatan
Sumbangan dari alumni STMM lulus tahun 2022, an. Tiara Lora Amida, PS MIK, skripsi diterima tanggal 25-10-2022, sebanyak 1 eksemplar
ISBN
No Barcode Register Lokasi Status
1 0000025593 247/260-MIK/22 R. MIK Ada
No Pengarang Jabatan
1 Tiara Lora Amida Penulis
No Subyek
1 KOMUNIKASI PUBLIK-KOMISI PEMILIHAN UMUM 302.2 324
No Kata Kunci
1 KOMISI PEMILIHAN UMUM
2 KOMUNIKASI PUBLIK
3 KOTA BLITAR
4 PARTISIPASI PEMILU 2019
5 STRATEGI KOMUNIKASI PUBLIK
AsalIndonesia
BahasaIndonesia
JenisKarya Ilmiah
PenerbitSTMM
Kota Terbit Yogyakarta
Tahun2022
Call Number302.2 324 TIA s
Kolasixiv+105 hlm.; 21,5x29,5 cm.; ilus.
Edisi
BibliografiAda
Halaman74
IndeksTidak Ada
RelesaseYa
Jumlah Eks1
Kembali