Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dibentuk untuk menemukan masalah bersama mengenai diskusi anggota kelompok, mengenai cara pemecahan masalah, membuat keputusan bersama, melaksanakan keputusan dengan kerjasama dan mengembangkan jaringan komunikasi untuk memecahkan masalah dan memenuhi kebutuhan. Pembinaan merupakan faktor terpenting untuk mencapai keberhasilan tujuan organisasi. Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kulon Progo melalui Bidang Komunikasi dan Informasi sebagai pengampu didalam pembinaan Kelompok Informasi Masyarakat di Kulon Progo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pembinaan kepada KIM melalui Bidang Komunikasi dan Informasi di Kabupaten Kulon Progo. Untuk mencapai tujuan tersebut pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis terhadap data yang telah diperoleh menggunakan metode analisis deskriptif. Dari hasil penelitian tersebut diperoleh kesimpulan bahwa pembinaan yang dilakukan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika, melalui Bagian Komunikasi dan Informasi, belum menjadi prioritas dan mendapat perhatian yang serius atau belum efektif. //yn