Hotel merupakan sebuah jasa pelayanan penginapan yang, menawarkan kenyamanan dan kepuasan terhadap tamu. Hotel @HOM Platinum Gowongan menyadari bahwa untuk memberikan pelayanan yang terbaik haruslah bisa berkoordinasi dengan karyawan lain. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pola komunikasi internal dan komunikasi kebawah, komunikasi ke atas, komunikasi horizontal, di Hotel @HOM Platinum Gowongan Yogyakarta dalam meningkatkan kinerja karyawan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi lapangan, pemilihan narasumber dan dokumen. Fokus utama Hotel @HOM Platinum yaitu dalam meningkatkan kinerja karyawan. Analisis penelitian ini dilihat dari indikator pengelompokan faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan yaitu: motivasi, kedisiplinan dan prestasi karyawan. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa penerapan pola komunikasi di Hotel @HOM Platinum Gowongan Yogyakarta menghasilkan motivasi karyawan tinggi untuk melaksanakan tugas dan perintah dari atasan. //yn