Peran strategis disiplin ilmu perilaku konsumen adalah menawarkan berbagai cara dan metode agar para pelaku bisnis dapat memahami perilaku konsumen secara tepat sehingga ketika ingin mengeluarkan produk atau jasa tertentu di pasar, produk atau jasa tersebut dapat diterima pasar secara memuaskan. Buku ini tidak hanya menyajikan teori-teori perilaku konsumen saja, tetapi menyertakan pula jurnal hasil penelitian penulis tentang perilaku konsumen. Secera keseluruhan materi yang dipaparkan dalam buku ini meliputi: Analisis Perilaku Konsumen; Perubahan dan Tantangan yang Dihadapi Perusahaan; Keterlibatan dan Persepsi; Lingkungan Subbudaya dan Demografi; Kualitas Jasa dan Loyalitas Konsumen; keputusan Pembelian Konsumen;Pembelajaran Konsumen; Motivasi Konsumen; Sikap dan Kepuasan Konsumen; Komunikasi dan Perilaku Konsumen; Keluhan Konsumen; Sisi Gelap Perilaku Konsumen; Penelitian Perilaku Konsumen; Pengaruh Merek dan Keputusan Pembelian Konsumen; Jurnal Penelitian tentang Perilaku Konsumen.//ir