Fenomena berubahnya konfigurasi ekonomi dunia ditandai dengan semakin pesatnya pertumbuhan negara-negara Kawasan Asia Psifik yang berdampak pada semakin bergeliatnya aktivitas usaha perusahaan Asia, sehingga perlu adanya peningkatan kemampuan perusahaan dalam menghadapi kompetisi dan tantangan yang semakin besar. Untuk merumuskan keputusan stratejik yang mengarahkan perumusan dapat menuju perusahaan unggul di pasar secara berkesinambungan, dibutuhkan kajian secara mendalam tentang “Sustainable Competitive Advantage” yang diuraikan dalam buku ini. Dengan mendalami buku ini maka Pembaca akan terbawa arus upaya untuk menciptakan nilai atau value bagi kepentingan perusahaan, pemegang kepentingan (stakeholders), termasuk para pemegang sahamnya. Diharapkan keputusan-keputusan stratejik yang dirumuskan dalam rencana strategis perusahaan dapat disusun dengan memperhatikan “best-practices” dalam beberapa contoh kasus perusahaan nasional. Bahasan buku “Sustainable Competitive Advantage” ini diawali dengan pembahasan bagaimana mengidentifikasi keunggulan bersaing, menciptakan keunggulan bersaing hingga pembahasan pemilihan strategi perusahaan yang tepat untuk masa kini.//yn