Skripsi

Perancangan Gim "Project Elektrorace" Sebagai Media Sosialisasi Kendaraan Listrik untuk Mengurangi Pencemaran Udara

Abstraksi
Pencemaran udara menjadi masalah besar yang dihadapi perkotaan di seluruh dunia yang disebabkan oleh kendaraan berbahan bakar fosil. Seiring dengan kemajuan sains dan teknologi muncul terobosan baru yang menjawab solusi transportasi yang efektif dan ramah lingkungan, contohnya adalah kendaraan listrik. Akan tetapi masih asingnya masyarakat Indonesia dengan kendaraan listrik dan biaya yang mahal membuat mereka enggan untuk beralih karena selain dirasa lebih hemat dari kendaraan listrik, masyarakat sudah lebih terbiasa menggunakan kendaraan konvensional. Gim dapat dijadikan sebagai salah satu media untuk mengenalkan kendaraan listrik. Hal tersebut mendorong dibuatnya Gim Project Electrorace sebagai media pengenalan kendaraan listrik. Penciptaan gim melalui 3 tahap: pra-poduksi, produksi, dan pasca produksi. Gim ini memuat materi yang berisi pengenalan dasar seputar kendaraan listrik mulai dari jenis, komponen, dan teknologi kendaraan listrik yang disampaikan dengan bentuk teks, visual, dan gameplay. Dalam gim ini, selain untuk menjadi yang tercepat, pemain juga harus dapat memanajemen daya kendaraan agar tidak habis sampai balapan berakhir. Ini bertujuan untuk memperkenalkan penggunaan daya yang berbeda dengan kendaraan pada umumnya. Tingkat kesulitan pada gim ini ditentukan dari kelebihan dan kekurangan dari tiap jenis kendaraan dan lintasan yang pemain pilih. Terdapat 3 jenis kendaraan, yaitu compact, sport, dan racing. Lintasan dibangun dengan referensi perkotaan besar di Indonesia, yakni Jakarta dan Yogyakarta. Hasil uji coba membuktikan bahwa gim Project Electrorace cukup mampu dalam menghadirkan materi seputar kendaraan listrik agar dapat dikenalkan kepada masyarakat awam yang dikemas dengan menggunakan media gim. Kemudian dapat disimpulkan bahwa gim ini telah dapat cukup diterima sebagai media sosialisasi kendaraan listrik.//ir
Seri
Catatan
Skripsi sumbanganAlvian Gilang Sagita mahasiswa PS. Teknologi Permainan tahun 2020 sebanyak satu eksemplar.
ISBN
No Barcode Register Lokasi Status
1 0000023095 66/76-DTP/2020 R. DTP Ada
No Pengarang Jabatan
1 Alvian Gilang Sagita Penulis
No Subyek
1 GAME KOMPUTER – KENDARAAN LISTRIK
No Kata Kunci
1 KENDARAAN LISTRIK
2 MEDIA SOSIALISASI
3 PENCEMARAN UDARA
4 PERANCANGAN GIM
5 PROJECT ELEKTRORACE
AsalIndonesia
BahasaIndonesia
JenisKarya Ilmiah
PenerbitSTMM
Kota Terbit Yogyakarta
Tahun2020
Call Number005.5 621 46 ALV p
Kolasixvi+67 hlm.; 21x30 cm.; illus.
Edisi-
BibliografiAda
Halaman64
IndeksTidak Ada
RelesaseYa
Jumlah Eks1
Kembali