Batik merupakan salah satu
warisan budaya dari Indonesia. Namun, banyak masyarakat Indonesia yang kurang
tahu akan motif-motif khas tiap daerah. Padahal masyarakat khususnya generasi
muda mempunyai peranan penting dalam kelangsungan batik itu sendiri. Perlu
adanya suatu media yang dapat mengenalkan batik dengan cara yang lebih atraktif
dan efektif. Media game cocok untuk mengenalkan batik. Pengguna smartphone dan
generasi muda yang bermain game sangat banyak, membuka peluang besar game
sebagai media pengenalan batik. Untuk mengenalkan batik dalam game “Batik
Hunter”, penulis menggunakan batik sebagai misi dalam game. Dengan genre Time
Management, pemain yang jarang melakukan kesalahan akan sangat mudah memainkan
game ini. Pemain dapat membandingkan bagus atau tidaknya permainan dengan skor
di akhir permainan. Untuk memperjelas batik, pemain juga dapat melihat
keseluruhan batik dengan ukuran yang lebih besar serta dari mana batik tersebut
berasal di menu Batik Gallery Hasil yang didapat dari data 35 responden yang
bermain game “Batik Hunter” adalah banyak responden yang menyatakan menarik dan
menambah wawasan tentang motif-motif daerah Indonesia. Dengan genre Time
management pemain diuji tingkat kemampuannya untuk mengelola waktu. Dapat
dipelajari dari penciptaan game ini kontrol masih kurang efektif, ini sangat
berpengaruh dengan permainan yang terikat dengan waktu.//ir