Menurunnya rasa antusias remaja terhadap budaya lokal
mulai dirasakan dengan banyaknya budaya asing yang masuk kedalam kehidupan
masyarakat kita, salah satu budaya lokal tersbut adalah motif batik. Dari
situlah maka pembuatan karya berbentuk game yang ditujukan untuk meningkatkan
antusias yang mulai hilang terhadap batik dilakukan. Dari karya itu maka
disusunlah sebuah skripsi berjudul “Perancangan Game “Room Of Batik” Berbasis
Android Sebagai Media Pembelajaran Batik”. Diharapkan pembuatan game dengan
tema batik bisa menarik bagi remaja dan bisa meningkatkan antusiasme terhadap
budaya lokal terutama batik.Pembuatan karya ini akan menggunakan game engine
Unity dan seperti judul skripsi ini, akan ditujukan untuk platform Android,
dimana platform tersebut adalah platform yang saat ini paling luas
penggunaannya. Penggunaan platform ini bertujuan agar penyebaran game lebih
luas sehingga jumlah konsumen yang memainkan dan bertambah antusiasme nya juga
meningkat. Pembuatan visual untuk “Room Of Batik” menggunaka software Adobe
Photoshop. Game “Room of Batik” merupakan game kategori escape room yang
menggunakan batik dari Jawa, Cirebon dan Kalimantan sebagai bagian dari
teka-teki nya. Dalam game “Room of Batik” beberapa konten lokal selain batik
juga digunakan sesuai dengan daerah asal batik yang muncul. Semua konten lokal
yang ditemukan selama permainan akan muncul dalam menu glossary beserta dengan
penjelasan rmengenai konten tersebut.//ir