Tantangan terbesar yang di
hadapi UMKM dalam era revolusi 4.0 ini ialah kemampuan mereka beradaptasi
dengan teknologi yang ada. dalam setiap usaha pasti dibutuhkan iklan untuk
produk maupun jasa mereka. Banyak sekali upaya telah dilakukan untuk menaikkan
penjualan suatu produk seperti majalah, banner, televisi, bahkan media
internet. Untuk memberikan pengalaman baru dan inovasi dalam beriklan, media
game merupakan solusi yang cocok untuk mengenalkan produk kepada masyarakat.
Untuk mengenalkan produk dan jasa dalam game “yana banana”, penulis menggunakan
visual menu-menu makanan dalam setiap misi dalam game. Dan juga environment
yang sesuai dengan lingkungan asli dari kedai yang bersangkutan. Pemain yang
jarang melakukan kesalahan akan mudah menyelesaikan misinya. Di akhir permainan
pemain akan mendapatkan uang yang dapat di tukarkan dengan voucher discount
yang berada di menu rewards. Hasil yang di dapat dari data 16 responden yang
bermain game “Yana Banana” adalah banyak responden yang mengatakan bahwa game
ini menarik, waktu yang diberikan cukup, dan memberikan pengetahuan tentang
produk, merk dagang, dan suasana di pisang goreng kipas kuantan II cafe &
resto. Dapat di pelajari dari penciptaan game ini bahwa tingkat kesulitan dalam
game sangat kurang, sehingga banyak pemain menganggap game ini terlalu mudah.//ir