Visual merupakan salah satu
bagian penting dalam pembuatan game, karena unsur yang pertama kali dilihat dan
berinteraksi dengan pemain adalah visual. Dan sebagai nilai plus dalam game,
maka diwajibkan untuk menciptakan sebuah visual yang efektif dan juga efisien
untuk membuat pengalaman bermain menjadi lebih menyenangkan. Dalam penciptaan
game “Pari Harvest”, sangat penting dalam menentukan visual game dalam bentuk
3D dengan teknologi VR agar Pemain dapat bermain dengan nyaman, karena visual yang
ditampilkan sudah mudah dipahami dan juga ramah bagi awam. Proses penciptaan
visual “Pari Harvest” dikerjakan dengan style low poly dari hasil diskusi
bersama. Proses pembuatan “Pari Harvest” terbagi dalam 3 tahap yaitu Pra
produksi, Produksi dan Pasca produksi. Pada tahap pra produksi tim melakukan
berbagai tahapan yaitu, identifikasi masalah, identifikasi kebutuhan utama,
riset, menggali gagasan desain, pengembangan ide, setelah diperoleh kesepakatan
visual artist berlanjut ke tahap produksi dengan membuat prototype aset dan
implementasi dalam in game, dan tahap terakhir adalah evaluasi dimana tim
meminta kritik dan saran dari para responden melalui survey. Metode survey
digunakan sebagai pengujian Visual game Pari harvest. Melalui hasil testing
game secara Real-Time dengan cara menyebarkan kuesioner secara online yang
diisi oleh para responden setelah mereka bermain game Pari harvest, menurut
survey dan hasil dari para responden dapat disimpulkan bahwa visual pada game
Pari Harvest dikatakan mudah dimengerti dan ramah bagi awam serta tombol dan
visual yang ada sesuai dengan tujuan fungsinya masing-masing. Menurut
penghitungan survei dengan hasil rata-rata diatas 70% dari 4 pertanyaan yang
diajukan mencakup dari segi bentuk, warna dan juga fungsi dari aset yang
ditampilkan. Masih perlu beberapa aspek yang dapat ditingkatkan kedepannya dari
game Pari Harvest khususnya pada mekanisme movement enemy dan pewarnaan pada
obyek yang masih kurang optimal serta dari segi tampilan UI yang masih bisa
ditingkatkan lagi. //ir