Perlombaan balap karung
merupakan salah satu permainan tradisional yang sering dimainkan pada hari
kemerdekaan Indonesia, yaitu 17 Agustus. Selain harus berlomba untuk mencapai
garis finish terlebih dahulu, peserta harus memperhatikan keseimbangan badan
agar mereka tidak terjatuh ketika melompat-lompat. Perlombaan balap karung
memiliki filosofi tentang penggambaran ketika penjajahan yang dilakukan Jepang
kepada bangsa kita dulu.Terdapat beberapa game yang sudah mengangkat permainan
balap karung, tapi belum ada game dengan mekanik yang lebih bervariasi seperti,
mekanik quick time event yang muncul ketika pemain bermain, rintangan yang
memberikan efek perlambatan dan percepatan gerakan pemain. Penelitian ini
bertujuan untuk merancang mekanik game dengan efektif dan berbasis Android.
Proses perancangan mekanik pada game ini diawali dengan melakukan riset dan
analisis data terhadap permainan tradisional balap karung dan
referensi-referensi yang diambil dari game lain. Pengujian dilakukan
menggunakan metode black box dengan menguji semua mekanik yang ada pada game.
Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan pada mekanikmekanik yang ada dapat
disimpulkan, bahwa mekanik tersebut dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan
rancangan yang telah dibuat sebelumnya. //ir