Skripsi dengan judul "Strategi Pelayanan Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) Daerah Istimewa Yogyakarta" ini ditulis oleh Kalista Bernadeta. Penulis berpendapat bahwa pelayanan perpustakaan dikatakan berkualitas apabila ketersediaan koleksi, sarana prasarana, dan pegawai yang melayani mampu memenuhi keinginan masyarakat akan informasi yang akurat, relevan, dan tepat waktu. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan menjelaskan mengenai Strategi Pelayanan Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta (BPAD DIY). Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitiasn deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari data primer yaitu fakta-fakta dari penelitian di BPAD DIY, dan sumber data sekunder diperoleh dari arsip dan dokumen resmi serta buku-buku. Teknik pengumpulan data adalah dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data dan penyajian data. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa secara umum BPAD DIY telah melaksanakan strategi pelayanan perpustakaan, meliputi: 1. Strategi Pemasaran (Relation Marketing) dilaksanakan dengan fokus terhadap pelayanan masyarakat pengguna, sosialisasi kepada masyarakat dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat pengguna. 2. Strategi unconditional serviceguarantes atau extraordinary guarantes. 3. Strategi Penanganan Keluhan. 4 Strategi Peningkatan Kinerja dilaksanakan dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan komputeraisasi sistem otomasi perpustakaan. Dalam menjalankan strategi tersebut terdapat beberapa kendala yang dihadapi antara lain kurangnya jumlah pegawai, kurangnya kualitas maupun kuantitas SDM, kurangnya sarana dan prasarana. //yeni