Skripsi

Strategi Media Relations Dalam Kualitas Pelayanan Informasi Masyarakat (Studi Kasus Pada Humas Polda Daerah Istimewa Yogyakarta)

Abstraksi
Kepolisian Republik Indonesia merupakan pilar penegakan hukum di Indonesia yang mempunyai peran penting dan strategis, sesuai dengan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2002 Tentang Kepolisian Republik Indonesia. Tantangan ekternal yang dihadapi oleh POLRI saat ini ditandai dengan terjadinya gangguan kriminalitas yang semakin canggih seperti kejahatan yang beredar di media social, penyebaran berita Hoax, atau Cyber Crime. Polda Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai instansi penegak hukum khususnya bagian bidang humas telah melakukan kegiatan media relations dengan tujuan dapat bersinergi dengan media dalam melakukan layanan informasi. Keikutsertaan media sebagai mitra atau rekan kerja tentunya sangat dibutuhkan dalam upaya penyebarluasan informasi kepada masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi media relations Humas POLDA DIY dalam Kualitas Layanan Informasi Masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan tiga informan yang merupakan KaSubbid PID, KaSubbid Penmas, dan Subbid Multimedia Humas Polda DIY. Hasil penelitian ini menunjukkan strategi media relations yang dilakukan oleh Humas Polda DIY adalah memberikan informasi, membangun hubungan informal dengan wartawan, selain itu Humas juga memelihara komunikasi bersama wartawan dengan media. Kegiatan media relations yang dilakukan dengan melibatkan pers adalah penyebaran siaran pers berupa press release, talk show, konferensi pers, resepsi pers seperti melakukan silaturahmi dengan pemred, pembinaan terhadap wartawan, peliputan kegiatan Humas Polda DIY oleh awak media, dan wawancara yang bersifat terencana maupun tidak terencana. Humas Polda DIY dalam menyusun suatu berita atau informasi memiliki suatu prosedur yang sesuai dengan layanan informasi berupa keakuratan informasi, ketepatan waktu informasi, kelengkapan informasi, keringkasan informasi dan kesesuaian informasi. Dampak dari kegiatan media realtions dilakukan untuk terciptanya hubungan yang baik dengan media agar penyebaran informasi dapat berjalan dengan baik sesuai yang diharapkan dan memiliki informasi yang berkualitas serta dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat.//yn
Seri
Catatan
Sumbangan alumni STMM lulus tahun 2019, an. Ahmad Mushodiq, PS. MIK, skripsi diterima tanggal 23-09-2019, sebanyak 1 eksemplar
ISBN
No Barcode Register Lokasi Status
1 0000022407 84/97-MIK/19 R. MIK Ada
No Pengarang Jabatan
1 Ahmad Mushodiq Penulis
No Subyek
1 MEDIA RELATIONS-HUMAS
No Kata Kunci
1 HUMAS POLDA
2 KUALITAS PELAYANAN
3 MEDIA RELATIONS
4 PELAYANAN INFORMASI MASYARAKAT
5 STRATEGI MEDIA RELATIONS
6 STUDI KASUS
AsalIndonesia
BahasaIndonesia
JenisKarya Ilmiah
PenerbitSTMM MMTC
Kota Terbit Yogyakarta
Tahun2019
Call Number302.23 659.285 AHM s
Kolasixvi+133 hlm.; 21x29,5 cm.; illuss.
Edisi-
BibliografiAda
Halamanxvii
IndeksTidak Ada
RelesaseYa
Jumlah Eks1
Kembali