Pendidikan adalah usaha manusia untuk menumbuhkan dan mengembangkan potensi-potensi pembawaan baik jasmani maupun rohani. Guru sebagai saah satu unsur dalam proses belajar mengajar memiliki peran sebagai pengajar dan pembimbing yang mendorong potensi dan mengembangkan alternatif murid dalam belajar. Loyalitas guru dibutuhkan sekolah dalam meningkatkan kerja keras guru untuk memberikan yang terbaik demi tercapainya tujuan sekolah. Strategi komunikasi internal dibutuhkan dalam meningkatkan loyalitas guru. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui bagaimana hubungan strategi komunikasi internal dalam meningkatkan loyalitas guru di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Ibnu Hajar Al Asqolani Banjarnegara Jawa Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara yang mendalam, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara strategi komunikasi internal dengan peningkatan loyalitas. Hal ini dapat dilihat melalui peningkatan faktor-faktor loyalitas guru seperti taat pada peraturan, tanggung jawab, kerjasama, rasa memiliki, hubungan antar pribadi dan kesukaan terhadap pekerjaan.//yn