Buku ini disusun atas dasar pengalaman penulis selama mengabdikan diri sebagai karyawan TVRI dan staf pengajaran di perguruan tinggi dengan berbagai pertimbangan dan literatur yang ada sebelumnya. Memproduksi suatu program televisi selalu berkaitan dengan selera dari stakeholder, kreativitas broadcaster, dan target sasaran. Kondisi setiap organisasi stasiun televisi dan kebijakan penguasa negar…
Pada 1901, Guglielmo Marconi (1874-1937) menandai era baru teknologi media penyiaran berkat keberhasilannya mengirim telegraf dengan menggunakan gelombang elektromagnetik menyeberangi Samudra Atlantik. Penemuan teknologi baru ini segera membawa kemajuan signifikan pada siaran radio yang semula hanya dinikmati di kalangan atas (the have) secara terbatas, menjadi produk teknologi massal, seiring …
Eksistensi dan kredibilitas sebuah usaha jasa penyiaran televisi sangat dipengaruhi oleh inovasi kreatif karena persaingannya yang begitu ketat. Faktanya, membangun bisnis penyiaran televisi tidaklah semudah yang dibayangkan, karena banyak sekali tools yang harus diperhatikan. Di antaranya media televisi merupakan sarana atau wadah untuk menyiarkan produk-produk jurnalistik yang sejak abad…