Buku

Kamus Istilah Komputer Bergambar

Kamus Istilah Komputer ini memuat lebih dari 1500 kata yang digunakan dan istilah-istilah untuk pembelian serta penggunaan komputer. Istilah-istilah yang ada dalam buku ini telah dipilih dengan teliti serta seksama sebagai istilah yang sering dijumpai oleh para pemakai komputer apabila berhubungan dengan bahasa yang timbul dalam suatu bahasa. Sebagai penambahan kepada istilah-istilah yang berguna untuk semua pemakai komputer terhadap penggunaan istilah-istilah yang sering dipakai, ditekankan kepda bidang pendidikan yang selalu berkembang, perhubungan dan grafik. Perhatian yang wajar telah dikhususkan pula kepada bidang yang diminati dan profesional seperti pemrosesan kata-kata, penggunaan untuk business, perkantoran serta alat-alat yang jarang dijumpai atau program yang menarik. Sebagai pembantu untuk mengendalikan masalah-masalah yang kemungkinan timbul sewaktu menggunakan komputer, telah disertakan pula istilah-istilah yang berhubungan dengan maslah-masalah yang mungkin timbul selama pengendalian. Sejauh mungkin konteks telah dipertimbangkan, semoga pemakai komputer dapat memahami bila dan mengapa sesuatu istilah mungkin digunakan, begitu juga contoh-contoh yang sering/lazim dipakai dipakai juga disertakan.//yn

Oleh Yoshinor, Y.

Kamus Istilah Pariwisata dan Perhotelan

Pariwisata adalah sektor penting bagi setiap negara. Segala peradaban, budaya, keindahan alam, aktivitas yang menyegarkan jiwa dan raga, serta berbagai kreasi seni bisa menjadi unsur pariwisata. Perhotelan merupakan salah satu penunjang utama bidang pariwisata. Keduanya mempunyai istilah yang sangat luas dan bersifat internasional. Kamus Istilah Pariwisata dan Perhotelan edisi revisi ini disajikan lebih lengkap dari yang sebelumnya. Entry yang ditampilkan bertambah secara signifikan, dilengkapi gambar-gambar ilustrasi beresolusi tinggi, segmentasi bahasan lebih luas, dan detail bahasan per kata lebih rinci. Istilah yang disajikan antara lain dari bidang: perhotelan, penerbangan, adat-budaya, ecotourism, komoditas wisata, pendidikan wisata, wisata belanja, promosi pariwisata, wisata alam, restoran dan tata boga, tata-graha, pemasaran wisata sampai pada istilah dunia hiburan, rekreasi, golf, dan kapal pesiar. Diharapka kamus ini bisa memberikan jawaban dan pencerahan bagi pembelajar, pemerhati, dan pecinta pariwisata dan perhotelan.//yn

Oleh Adi Soenarno

Penerapan Teknik Tata Cahaya dalam Membangun Karakter Suasana pada Program Drama Televisi "Turi Putih"

Drama “Turi Putih” merupakan drama televisi yang mengangkat cerita fiksi dengan problematika kehidupan seorang remaja pria dalam sebuah keluarga. Drama merupakan tiruan kehidupan manusia yang diprovokasikan diatas pentas. Melihat drama, penonton seolah melihat kejadian dalam masyarakat. Untuk mendapatkan sebuah ide gagasan sehingga terciptanya karya ini penata cahaya melakukan beberapa pengamatan dan pendekatan melalui karya audio visual dan studi Pustaka. Dalam penerapannya penata cahaya menerapkan teknik-teknik penataan cahaya seperti artificial light, accent light, low key light yang berlandaskan teknik penataan cahaya dari Three Point of Light. Penggunaan dua sumber cahaya juga dilakukan, cahaya alami dan cahaya buatan. Dengan demikian diterapkannya teknik penataan tersebut mampu menciptakan sebuah penerapan pencahayaan yang terkesan realistic, dramatisasi, dan artistic, agar terbentuknya karakter suasana pada drama “Turi Putih”. Setelah menerapkan teknik tata cahaya tersebut, dengan menerapkan metode three point of light dalam membuat cahaya realistic pada drama, sangatlah membantu penata cahaya mendapatkan pencahayaan yang natural, memberikan dimensi pada objek dan dapat membantu terbentuknya karakter suasana. Dengan menerapkan teknik artificial light dan accent light secara bersamaan pada drama penata cahaya dapat memaksimalkan pencahayaan yang dirasa kurang mendramatisasi, agar dapat memberikan penyampaian informasi latar waktu dan mendukung artistic dalam dalam set set adegan memiliki karakter yang lebih mendramatisasi. Kemudian penerapan teknik low key light digunakan merespon sebuah adegan yang minim pencahayaan, dengan kondisi tersebut penata cahaya mampu memberikan kesan suasana yang berbeda serta menekankan kesan dan karakter yang mendalam pada sebuah adegan dalam drama. //ir

Oleh Angger Aryo Wisanggeni

Produksi Iklan dengan Komputer Generated Imagery (CGI) Menggunakan Blender 2.9 Studi Kasus: Iklan Galaxy Note 20 Ultra

Video Iklan merupakan salah satu media untuk mempromosikan suatu produk. Secara umum video iklan harus menarik dari segi kemasan, konten hingga informasi mengenai kelebihan produk, maka diperlukan beberapa teknik untuk menghasilkan karya dengan estetika gambar yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana teknik pembuatan iklan berbasis CGI dengan menerapkan teknik variasi shot dan virtual lighting pada software Blender 2.9. Teknik yang digunakan uuntuk memproduksi iklan Galaxy Note 20 Ultra dilalui dengan beberapa tahapan, diantaranya. (1) Proses pembuatan CGI yang terdiri dari mengupulkan asset 3D (three-D), menata set, menganimasikan dan tahapan rendering. (2) Penerapan teknik variasi shot yang terdiri simple shot, complex shot dan developing shot dapat dilakukan dengan menggunakan virtual camera pengaturan dapat mencakup pergerakan, ukuran lensa, sensor, focal leght dan kedalaman fokus. (3) Penerapan virtual lighting pada Blender 2.9 dapat dilakukan dengan mengatur jumlah, posisi dan intentsitas cahaya dari empat tipe pencahayaan diantaranya point light, spot light, area light dan sun light. Dari hasil penelitan menunjukan bahwa teknik produksi iklan CGI dapat dilalalui dengan 4 tahapan, penerapan variasi shot mempermudah audience dalam memahami informasi terkait produk dan virtual lighting sangat berpengaruh dalam memperkuat visualisasi dan dimensi produk. //ir

Oleh Muhammad Ikhsan Nurdin

Pengembangan Konvergensi Media di Bidang Kuliner Berbasis Website "Olahan Ubi Ungu Srambang

Website “Olahan Ubi Ungu Srambang” merupakan bentuk konvergensi media di bidang kuliner dengan tujuan untuk menyebarluaskan usaha kecil menengah agar tetap mengikuti trend yang ada. Pembuatan website “Olahan Ubi Ungu Srambang” terdiri dari tiga tahapan yaitu perancangan, pengembangan dan pengujian. Proses perancangan website meliputi penentuan dan pengelompokan konten yang akan dimasukkan ke dalam website, membuat sitemap, desain layout website, menentukan warna dan jenis font. Proses pengembangan website dibuat menggunakan media Wix.com dengan menerapkan prinsip usability dengan aspek learnability, satisfaction dan menggunakan metode wawancara dengan pihak rumah produksi terkait dengan deskripsi dari konten, cerita sejarah terbentuknya rumah produksi yang menjadi konten untuk website. Proses pengujian terdiri dari dua aspek yaitu learnability dan satisfaction, dimana proses pengujian menggunakan metode black box dengan 32 pertanyaan dan responden yang berjumlah 22 orang, mendapatkan hasil keseluruhan sebanyak 99,86% setuju dan 0,14% tidak setuju, hasil tidak setuju terletak pada pertanyaan apakah tombol enter site pada website dapat ditekan atau tidak selebihnya responden menyetujui pertanyaan yang tersedia. Pengembangan konvergensi media berbasis website ini mencapai hasil yang sesuai dengan keinginan pengguna, yaitu website kuliner yang memiliki informasi singkat namun jelas, sistem navigasi yang mudah serta terintegrasi dengan sosial media facebook, youtube dan instagram. //ir

Oleh Izzatul Fikriya

Berita Terbaru