Buku

Tiga…Dua…Satu…Action: Sebelas Tahun Menjadi Kru Produksi TV

Konten siaran TV Indonesia hingga hari ini kerap kali jadi pembicaraan ramai. Baik itu soal konten maupun strategi pengemasannya yang bermacam-macam. Belakangan, bahkan ketika TV dirasa mulai sepi peminat, kehebohan perihal kualitas programnya justru kembali muncul dan memicu silang pendapat yang tiada habisnya. Sudah banyak buku-buku penelitian serius yang membahas bagaimana industri TV berjalan dan menyajikan banyak data mengejutkan bagi khalayak. kali ini, dari sudut pandang seorang mantan kru TV, kita bisa melihat bagaimana industri ini (khususnya di Indonesia) digerakkan dengan berbagai usaha yang bisa jadi titik diskusi baru untuk menjelaskan kenapa tayangan TV kita hadir seperti hari ini.

Oleh Dessy Liestiyani

Kreatif dan Inovatif Adalah Jalan Ninjaku

Ide hebat tidak akan berguna jika tidak direalisasikan. Buku ini bisa menjadi jalan mengubah ide yang Anda miliki menjadi sesuatu yang kreatif juga inovatif. Di dalamnya dibahas tentang peran imajinasi dalam karya, berbagai macam proses kreatif, hingga langkah-langkah menjadi kreatif. Ingat selalu bahwa kreativitas akan berkembang, jika Anda menggunakan cara, alat, atau latihan yang tepat. Cara inilah yang juga digunakan oleh banyak orang sukses, temasuk seniman, ilmuwan, juga profesional.

Oleh Nyalakebaikan

Pengantar Desain Komunikasi Visual Dalam Penerapan: Elemen dan Prinsip dalam Desain; Warna Tipografi; Layout; Visual Identity; Komik Infografis; Teori Visual Gestalt Teori Semiotika; Teori Manga Matrix

Desain Komunikasi Visual merupakan salah satu bagian dalam berkomunikasi, baik itu untuk menyampaikan sesuatu, mengkritik atau mempengaruhi orang terhadap suatu hal, menjelaskan sistem yang rumit atau mendemonstrasikan suatu proses. Dengan menggunakan media visual, seperti poster, membuat logo bisnis, majalah, cover album, bahkan dengan membuat hasil cetakan dari komputer, kita telah menggunakan sarana komunikasi visual. Desain Komunikasi Visual merupakan proses kreatif yang memadukan seni dan teknologi untuk menyampaikan sebuah ide. Para desainer bekerja dengan beragam alat komunikasi untuk menyampaikan pesan dari klien kepada audience, yang dituju dan yang menjadi komponen utamanya adalah gambar dan tulisan. Melalui buku ini diharapkan masyarakat semakin merasakan betapa perlunya ilmu Desain Komunikasi Visual sebagai salah satu bagian dari teknik berkomunikasi. Bukan hanya sekedar sarana komunikasi, tetapi juga sebagai pemberi citra pada sesuatu yang ingin dikomunikasikan. dengan demikian, penerima informasi bukan hanya tahu akan informasi yang disampaikan, tetapi dapat mempengaruhi atau tersugesti dengan pesan yang disampaikan.

Oleh Ricky W. Putra

Digital Marketing

Currently, digitalization has extended to various aspects of business, including micro, small and medium enterprises. It's time to continue to grow and develop our business to be sustainable. To hold up this, practical and tactical steps are needed, hence that we can immediately make changes starting from initial step onwards. If we have guides and examples on the digital marketing process, then this book will give you the knowledge and practical ways. What will we learn from this book: 1. basic concepts of digital marketing; 2. E-commerce potential; 3. social media marketing in business aspect; 4. Introduce the marketplace and other platform; 5. Introduction of website, domain, and hosting; 6. Introduction of search engine optimization; 7. Concept marketing.

Oleh Totok Haryanto

Dasar-dasar Penyiaran: Sejarah, Organisasi, Operasional, dan Regulasi, Edisi Kedua

Pada 1901, Guglielmo Marconi (1874-1937) menandai era baru teknologi media penyiaran berkat keberhasilannya mengirim telegraf dengan menggunakan gelombang elektromagnetik menyeberangi Samudra Atlantik. Penemuan teknologi baru ini segera membawa kemajuan signifikan pada siaran radio yang semula hanya dinikmati di kalangan atas (the have) secara terbatas, menjadi produk teknologi massal, seiring kemajuan dan semakin murahnya perangkat radio. Menyusul kemudian teknologi penyiaran dan perangkat televisi, serta penggunaan satelit dan teknologi turunannya, yang hanya dalam satu abad umat manusia dapat menikmati beragam informasi dan aneka hiburan yang nyaris tak dibatasi oleh letak geografis dan sekat budaya. Perjalanan sejarah teknologi media penyiaran tersebut merupakan bagian awal dari empat bagian utama buku ini, yang menghadirkan gambaran utuh latar belakang perkembangan teknologi media penyiaran, serta sejarah new media (digital). Perkembangan ini kemudian dijadikan dasar pembahasan bagian selanjutnya, yaitu berbagai teori komunikasi yang berkaitan dengan penyiaran, bagaimana organisasi media penyiaran terbentuk, dibentuk, dan bertransformasi menjadi organisasi modern yang profesional lengkap dengan berbagai hal yang berkaitan dengan program dan proses penyiaran. Ketiga bagian utama ini kemudian ditutup dengan bahasan lengkap berkaitan dengan regulasi penyiaran dan pertelevisian yang membingkai industri penyiaran terutama radio dan televisi khususnya di Indonesia. Pada edisi kedua ini ditambahkan pula satu bab khusus membahas tentang "konsep sistem stasiun jaringan". Konsep ini berkaitan dengan berbagai bidang kebijakan baru dalam penyiaran yang melahirkan seperangkat peraturan dan regulasi dengan tujuan pemerataan dan keadilan. Cakupan bahasan yang luas dan sistematika penyampaian keempat bagian utama tersebut dialirkan dengan gaya bahasa yang sederhana, memudahkan pemahaman terhadap materi, yang dilengkapi dengan berbagai contoh serta ilustrasi guna menjembatani deskripsi skriptual dengan gambaran di lapangan.

Oleh Hidajanto Djamal

Berita Terbaru