Buku ini memberikan tekanan utama bukan pada analisis teoritis, melainkan pada penerapan atau aplikasi dari beberapa prinsip pokok teori membaca lanjut. Prinsip-prinsip pokok dimaksud ialah pengertian tentang bahasa, membaca, kemampuan membaca, kemampuan mata, tanda baca dan pengelompokan kata, informasi fokus, kompetensi kebahasaan, membaca paragraf, membaca artikel, membaca buku. Prinsip-prinsip ini disajikan sistematis dan sesederhana mungkin pada Bab I s/d XII, sehingga diharapkan dapat diikuti dan dipahami dengan mudah oleh pembaca pada umumnya. Masing-masing bab tersebut, kecuai Bab II, diakhiri dengan sejumlah latihan, yang tujuan utamanya ialah untuk memantapkan pemahaman pembaca tentang prinsip-prinsip yang dikemukakan dalam bab bersangkutan, dan memantapkan keterampilan pembaca untuk menerapkan prinsip-prinsip tersebut. Dengan demikan diharapkan bahwa kemampuan membaca semakin meningkat, dan bahkan dapat mencapai peningkatan maksimal dengan usaha-usaha lebih lanjut dari pembaca sendiri.//yn
Oleh Tampubolon, D.P.