Buku

Penciptaan Game Puzzle "Matchingu"

Pulau Jawa memiliki beragam satwa endemik yang hanya dapat di jumpai di daerahdaerah tertentu. kurangnya informasi serta wawasan masyarakat mengenai satwa liar apa saja yang dilindungi dan apa saja hewan yang terancam keberadaannya. Maka dari itu diangkatlah tema satwa endemik Jawa melalu Penciptaan Tugas Akhir media berbentuk game yang berjudul “Matchingu” yang diharapkan dapat menyampaikan informasi serta rasa penasaran mengenai satwa endemik daerah Jawa. Gameplay, Mekanik, dan perancangan level menjadi fokus utama pada perancangan ini. Diperlukan alat yang dapat membantu gameplay terealisasi dengan baik, berupa game mekanik, yang kemudian akan di kemas dalam wadah yang tepat berupa level. Sehingga keterkaitan antara ketiga nya menjadi sangat penting agar pemain dapat menikmati sebuah game yang menarik. Game ini dibuat dengan style 2D dan memiliki genre Puzzle Game. Pada game ini memain diharuskan untuk menyamakan semua kartu bergambar satwa endemik Jawa hingga habis sebelum batasan waktu yang ditentukan habis dan terdapat 3 level yang harus diselesaikan. Kontrol game ini menggunakan sistem Tap di perangkat Smartphone Android dan memiliki target pemain berumur 6–12 tahun. //ir

Oleh Maleakhi Febio Rendak

Perancangan Visual pada Game Puzzle "Matchingu"

Visual merupakan salah satu aspek terpenting dalam membangun aset yang berkaitan dengan seni desain. Visual memegang peranan penting dalam suatu produk desain, karena, seseorang dapat menilai baik buruknya suatu desain dari hasil desain visual itu sendiri. Game merupakan salah satu produk desain yang banyak digemari oleh masyarakat di berbagai kalangan. Game yang beredar di masyarakat baik pada perangkat mobile, console maupun pc. Indonesia terdiri dari 13.700 pulau yang kaya akan keanekaragaman hayati dengan 47 ekosistem berbeda yang tersebar di tujuh kawasan bigeografi. Salah satu pulau yang memiliki keanekaragaman tumbuhan dan hewan endemik yaitu pulau Jawa. Kondisi geografis pulau Jawa yang berbeda-beda mempengaruhi keragaman jenis hewan endemik di pulau Jawa. Puzzle game merupakan media hiburan dengan menyajikan kesulitan yang harus diselesaikan dengan kecerdikan dan kesabaran. Game Matchingumenampilkan genre puzzle game dengan tema satwa endemik di pulau Jawa supaya pemain dapat mengenalkan satwa endemik dengan cara bermain dan juga mengasah kecerdikan. Visual sendiri sebagai dasar penciptaan game puzzle ini, disajikan dalam bentuk 2D cartoon degan style semi realis dan pewarnaan flat. Perancangan visual game Matchingu menghasilkan sebuah karakter hewan yang menarik, user interface yang seru, dan environment yang menggambarkan habitat dari satwa endemik pulau Jawa itu sendiri. //ir

Oleh Alvin Faiz Ramadhan

GIM "Weapon of Nusantara"

Aplikasi multimedia interaktif memegang peran yang sangat penting sebagai media informasi, sosialisasi, serta edukasi. Video games sebagai bagian dari aplikasi digital interaktif juga memiliki peluang untuk menjadi media pembelajaran yang efektif apabila dirancang dengan tepat. Perancangan gim “Weapon Of Nusantara” memiliki tujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mengenal senjata perang tradisional Indonesia setidaknya dengan bentuk umum dari tiap senjata. Konsep dari karya ini menggunakan metode quiz untuk mengimbau pemain untuk mengenal senjata tradisional Indonesia. Metode penciptaan aset meliputi aset visual, audio, serta coding bahasa pemrograman C# menggunakan media software komputer. Tahapan penciptaan berupa tahap praproduksi, produksi serta pascaproduksi. Karya penciptaan produksi game “Weapon Of Nusantara” memakai referensi beberapa hutan yang ada di Indonesia sebagai desain Environment yang digunakan pada gameplay tiap levelnya masih hanya memiliki pertanyaan untuk daerah Jawa Barat, Jakarta, Yogyakarta, Jawa Timur, dan Bali. Mengambil genre casual 3 dimensional(3D) platformer, serta berbagai environment yang meliputi 3 hutan yang ada di Indonesia meliputi, Taman Nasional Gunung Leuser Sumatera, Tanjung Putting Kalimantan, Taman Nasional Lorrentz Papua. Hasil akhir dari tahap penciptaan berupa aplikasi interaktif dalam bentuk video game untuk perangkat smartphone berbasis Android. Berdasarkan data yang diperoleh dari beberapa subjek maka rancangan dari gim “Weapon Of Nusantara” untuk level, mekanik serta environment dinyatakan berhasil serta sukses dikarenakan telah terealisasinya gim “Weapon Of Nusantara” ini. //ir

Oleh Nawastara Catur Dwi Respati

Perancangan Visual 3D pada Game "Misi dalam Pandemi !"

Orang-orang yang belum mematuhi protokol kesehatan perlu diedukasi tentang hal tersebut lagi, sehingga pengetahuannya dapat bertambah dan patuh untuk mengikuti protokol kesehatan. Saat ini sudah terdapat beberapa game yang ditujukan untuk mengedukasi masyarakat tentang protokol kesehatan maupun bahayanya sebuah virus. Tetapi belum ada yang menggunakan visual 3D, karakternya merupakan anak laki-laki, dan berlatar belakang perumahan. Hal ini mendorong dibuatnya hal-hal tersebut dalam sebuah game yang diberi nama “Misi dalam Pandemi”. Visual ditujukan agar pemain lebih mudah dalam memahami pesan yang disampaikan serta merupakan poin yang sangat penting. Visual merupakan wajah awal dari game yang menentukan menarik atau tidaknya sebuah game untuk dimainkan. Perancangan dan pembuatan visual pada game “Misi dalam Pandemi!” dilakukan melalui 3 tahap, yaitu tahap praproduksi, produksi, dan pasca produksi. Melalui testing game “Misi dalam Pandemi!”, diketahui bahwa sebanyak 79,3% responden menyatakan pesan pentingnya penggunaan masker telah tersampaikan melalui visual yang ditampilkan pada game. Masih ada beberapa aspek yang dapat dikembangkan lagi pada visual game “Misi dalam Pandemi!”, seperti penambahan aset, sehingga dapat lebih beragam. //ir

Oleh Galih Zen Ma’ruf

Jangan Pidato Sebelum Baca Buku Ini: Rahasia Para Ahli Pidato Sukses Berbicara Di Depan Umum

Bagaimana memenangkan hati dan telinga audiens? Bagaimana mengatasi gugup sebelum berpidato? Bagaimana menjadi pembicara yang andal dan didengar? Bagaimana kiat-kiat menyusun naskah pidato yang berisi dan berbobot? Buku ini, selain memuat kiat-kiat berpidato, juga membuat berbagai contoh pidato dalam acara-acara umum, seperti Pidato Hari Kartini; Pidato Sumpah Pemuda; Pidato Peringatan Hari Ibu; Pidato Sambutan Arisan Ibu-ibu; Pidato Sambutan RT Pada Rapat Pengurus; Pidato Pada Hari Pendidikan Nasional; Pidato Sambutan Pada Acara Ulang Tahun Perkawinan; Pidato MC Acara Khitanan; Pidato MC Peringatan Maulid Nabi, dan lain-lain//yn

Oleh Silviantikan NZ

Berita Terbaru