Buku

Menyusun SOP (Standard Operating Procedure) Itu Mudah

SOP adalah kependekan dari Standard Operating Procedure atau istilah lainnya adalah Sistem Tata Kerja. SOP menjadi salah satu hal yang memengaruhi perusahaan dalam mencapai targetnya. Dengan adanya SOP pada perusahaan, akan memandu setiap karyawan dan divisi dalam beraktivitas. Dengan demikian, setiap aktivitas tersebut dapat terorganisir dan terlaksana dengan baik, konsisten, serta efektif. Bahkan lebih jauh, SOP dapat menjadi acuan dalam menangani temuan audit akibat kesalahan, kelalaian, dan kecurangan, serta merupakan perangkat yang dapat digunakan untuk menyelesaikan keluhan, konflik atau perselisihan di dalam organisasi. Buku ini akan memandu pembaca memahami apa dan bagaimana cara menyusun SOP atau Sistem Tata Kerja di dalam organisasi atau perusahaan yang benar. Semuanya dirunut mulai dari prinsip dasar penerapan SOP sampai contoh-contoh kasus SOP pada beberapa divisi perusahaan. Selain menerangkan mengenai seluk-beluk SOP atau Sistem Tata Kerja, buku ini juga menyajikan cara-cara mudah dalam membuat dan mengimplementasikannya, baik untuk organisasi kecil maupun bisnis perseorangan. Buku ini juga dilengkapi dengan bonus contoh-contoh dokumen SOP yang dapat disesuaikan sesuai kebutuhan perusahaan, serta memuat materi Prinsip Dasar Penerapan SOP, Pembuatan Instruksi Kerja, Penyusunan Formulir, Audit SOP, serta Contoh-contoh SOP perusahaan. //ir

Oleh Arini T. Soemohadwidjojo

Pengantar Praktis Pemasaran Digital

Pemasaran merupakan bagian dari sebuah proses yang ada dalam sebuah bisnis, baik pada sektor manufaktur maupun jasa. Proses tersebut merupakan salah satu bagian dari keseluruhan proses pengelolaan sebuah bisnis atau operasional dalam sebuah perusahaan. Pemasaran dapat dilakukan dengan berbagai macam metode dan media, baik secara offline maupun online. Di fase revolusi industri 4.0. ini, setiap bisnis atau perusahaan harus mampu mengikuti perubahan dan perkembangan yang ada. Apalagi jika kondisi saat ini, lifestyle konsumen maupun pelanggan sudah mengalami perubahan yang sangat signifikan. Salah satunya adalah pola pencarian informasi produk, pola transaksi, dan hal-hal lain yang dilakukan oleh konsumen atau pelanggan terkait hubungannya dengan perusahaan. Pemasaran digital adalah salah satu metode pemasaran produk, baik barang maupun jasa yang dilakukan oleh perusahaan dengan menggunakan media internet. Adapun bentuk dari pemasaran tersebut pada dasarnya merupakan website dengan jangkauan yang sangat besar di computer network dengan berbagai tipe yang berbeda dan berasal dari berbagai negara di seluruh dunia satu sama lainya ke dalam suatu media informasi yang sangat besar (Kotler dan Armstrong, 2008). Sedangkan menurut Chaffey et al. (2000) memberikan pengertian tentang pemasaran digital, yaitu aplikasi dari internet dan teknologi digital terkait dalam rangka untuk mencapai tujuan pemasaran, seperti media internet, kabel-kabel (fiber optic), satelit, hardware, software yang diperlukan untuk kepentingan pemasaran digital tersebut. //ir

Oleh Totok Haryanto

Kisah Mata Fotografi Antara Dua Subjek : Perbincangan Tentang Ada Edisi Kedua

Memandang sebuah foto artinya memandang melalui mata seorang fotografer. Tak pelak, seorang fotografer adalah seorang pengembara dalam semesta penampakan. Ia berjalan, memandang, dan memotret. Sedangkan kita hanya tinggal membuka mata di depan foto untuk melihat pemandangan yang sama. Dalam dunia fotografi, objek yang ingin ditunjukkan “ada” bentuknya. Berbeda dengan filsafat yang berargumentasi, berteori, dan berdialektika dengan bahan pustaka, fotografi menunjuk langsung objek yang dimaksud. Fotografi terkesan simple dan sederhana dengan mencerminkan sesuatu yang ada. Akan tetapi, fotografi tak hanya sekadar simpel dan sederhana. Suatu dimensi dalam fotografi dapat membuka segi kebenaran dan kenyataan yang tertutup bagi mata telanjang. Pendekatan filosofis menggunakan fotografi ini tak membuat “Ada” sebagai sesuatu yang dapat dirasakan dan dibuktikan kebenarannya. “Ada” itu sebuah cakrawala di dalamnya segala perbincangan kita selalu sudah berlangsung. Cakrawala itu sendiri justru tidak kelihatan. Maka untuk menjadi sadar akan cakrawala perlu usaha refleksi khusus. Keunikan dari fotografi adalah gerak hilang, frozen in time. Dengan membekukan suatu situasi sesaat yang dalam kenyataan tidak pernah ada, muncul semacam kemutlakan yang tersembunyi bagi pengamat langsung. Buku yang ditulis oleh Seno Gumira Ajidarma ini merupakan sumbangan baru dan kreatifitas dalam khazanah pustaka filsafat Indonesia. Lain dari uraian yang semata-mata teoritis, penulis membuat kita dapat melihat lebih daripada yang kita lihat sekarang, Ia membuat kita melihat dimensi yang biasanya kita lewatkan. //ir

Oleh Seno Gumira Ajidarma

Otodidak Adobe After Effects dan Adobe Premiere

Adobe After Effects dan Adobe Premiere merupakan garda terdepan untuk editing video menggunakan komputer pribadi atau laptop. Buku ini hadir di masyarakat untuk membantu pembaca mengenal dan menyelami pengalaman mengedit video menggunakan Adobe After Effects dan Adobe Premiere. Di dalam buku ini, pembahasan tentang kedua peranti lunak itu akan dibahas sekaligus. Materi-materi yang akan diajarkan meliputi: 1) Pengenalan Adobe After Effects; 2) Pembuatan Composition; 3) Pembahasan tentang Objek Teks dan Shape; 4) Pengenalan Konsep Layers pada Video; 5) Pembahasan tentang Efek-Efek Khusus; 6) Urutan Singkat Produksi Video; 7) Pengenalan Adobe Premiere; 8) Penggunaan Clip pada Adobe Premiere; 9) Pemakaian Marker; 10) Penambahan Title dan Subtitle; 11) Pengenalan Sequence; 12) Pemanfaatan Efek-Efek Khusus pada Video. //ir

Oleh Jubille Enterprise

Tujuh Aplikasi Digital Marketing Terbaik Google

Mau belajar memasang iklan di Google? Ingin bisnis Anda tampil di Google dan dilihat oleh banyak orang? Bagaimana cara memanfaatkan aplikasi-aplikasi di Google untuk kegiatan digital marketing? Temukan jawabannya di buku ini. Buku ini membahas berbagai aplikasi digital marketing andalan yang sudah disediakan oleh Google. Melalui buku ini Anda bisa belajar tentang cara penggunaan aplikasi/tools berikut: 1)  Google Analytics; 2) Google Search Console; 3) Google Ads; 4) Google Sites; 5) Google My Business; 6) Google Alerts; 7) Google Trends; 8) Google Keyword Planner; 9) Google Workspace. Buku ini juga berisi panduan lengkap penggunaan berbagai aplikasi tersebut di atas. Beragam kebutuhan digital marketing Anda dapat dipenuhi dengan memanfaatkan berbagai aplikasi tadi, mulai dari untuk membuat website, memasang iklan, mengelola konten, mencari ide pemasaran, mempelajari demografi audiens, mengumpulkan data marketing, evaluasi digital marketing, hingga tentu saja kegiatan SEO (Search Engine Optimization). //ir

Oleh Jefferly Helianthusonfri

Berita Terbaru