Kurikulum adalah alat untuk mencapai tujuan pendidikan. Dengan demikian kurikulum merupakan alat penting dalam proses pendidikan. Sebagai alat yang penting untuk mencapai tujuan, kurikulum hendaknya berperan dan bersifat anticipator dan adaptif terhadap perubahan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Oleh karena itu adalah wajar bila kurikulum selalu berubah dan berkembang sesuai dengan …
Ilmuan dan insinyur memiliki jalur yang mirip dalam pengembangan ilmu dan teknologi. Proses yang meliputi mencari ilmu, teori dan keterampilan dimulai dengan penentuan pertanyaan (ilmu) dan permasalahan (teknologi) yang diungkap dari sumber ayat Al-Quran (ayat qouliyah) dan ayat Kauniyah (objek dan Kejadian Teknologi)…
Isi bab-bab dalam buku ini merupakan revisi dan pengayaan dari beberapa tulisan berupa makalah, paper dan jurnal serta artikel blog yang dipublikasikan di interen UIN Bandung. Bab IV merupakan tulisan dari postingan blog pribadi (depoknegeriku.blog…