Perpustakaan Sekolah Tinggi Multi Media

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Eksplorasi Teknik Visual dan Naratif Animasi 2D
Penanda Bagikan

Text

Eksplorasi Teknik Visual dan Naratif Animasi 2D "The Legend of Mahakam's Dragon"

Chintya Kharisma Yuliyani - Nama Orang;

Film animasi merupakan media visual yang mampu menyampaikan pesan tidak
hanya melalui hiburan, tetapi juga lewat penguatan budaya dan narasi. Salah satu
tantangan yang dihadapi adalah bagaimana menghadirkan mitologi lokal agar tetap
relevan dan menarik bagi generasi muda. Penelitian penciptaan ini berfokus pada
penggarapan film pendek animasi 2D berjudul ”The Legend of Mahakam’s
Dragon,” dengan penekanan pada eksplorasi teknik visual dan naratif untuk
menghidupkan kembali legenda Naga Sungai Mahakam dari Kutai Kartanegara,
Kalimantan Timur. Tujuan utama dari penciptaan karya ini adalah untuk
melestarikan warisan budaya Nusantara, khususnya mitologi Kutai, melalui
pendekatan visual modern yang berpadu dengan nuansa tradisi. Selain itu, animasi
dan alam, serta memberikan pengalaman sinematis yang memikat melalui narasi
fantasi. Metode yang digunakan dalam penciptaan karya ini adalah metode
eksploratif. Proses dimulai dari riset pustaka dan observasi lapangan terhadap
ikonografi budaya Kutai, dilanjutkan dengan pengembangan desain karakter dan
latar menggunakan Adobe Photoshop, pembuatan animasi frame-by-frame di Clip
Studio Paint, penggabungan elemen melalui Adobe After Effects, serta
penyuntingan akhir dengan Adobe Premiere Pro. Hasil dari penelitian penciptaan
ini adalah sebuah film pendek animasi 2D yang memadukan Teknik visual modern
dengan narasi berbasis mitologi lokal. Karya ini menunjukkan bahwa animasi 2D
dapat menjadi medium efektif dalam pelestarian budaya, sekaligus menghadirkan
hiburan yang sarat nilai bagi masyarakat luas.


Ketersediaan
#
Ruang Karya Ilmiah, Skripsi dan Jurnal 289
ANI2025002
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
289
Penerbit
Yogyakarta : Sekolah Tinggi Multi Media., 2025
Deskripsi Fisik
xviii, 128 hlm.: ilus.; 23 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
791.43
Tipe Isi
Karya Ilmiah
Tipe Media
unmediated
Tipe Pembawa
unspecified
Edisi
-
Subjek
Animasi
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Chintya Kharisma Yuliyan
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Sekolah Tinggi Multi Media
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Sekolah Tinggi Multimedia adalah unit penunjang yang berada di dalam Sekolah Tinggi Multimedia yang berfungsi memberikan layanan perpustakaan khususnya bagi sivitas akademika di lingkungan Sekolah Tinggi Multimedia. Perpustakaan Sekolah Tinggi Multimedia berkomitmen penuh untuk memberikan dukungan teknis terhadap kegiatan akademik di Sekolah Tinggi Multimedia, yaitu dalam hal pendidikan dan penelitian. Hal ini dilakukan dengan terus mengembangkan diri dan melakukan inovasi dengan pengembangan koleksi, mengembangkan sistem informasi, serta memberikan layanan prima bagi pemustaka.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?