Text
Teknik Interpolasi dalam Pembuatan Animasi Motion Grafis "Ambang Batas Alam Semesta"
Skripsi ini membahas penerapan Teknik interpolasi dalam animasi 2D
menggunakan perangkat lunak Adobe After Effects. Dilatar belakangi oleh animator
yang kerap menghadapi masalah berupa gerakan yang kaku dan tidak alami jika
hanya mengandalkan keyframe dasar. Penelitian penciptaan karya ini bertujuan
untuk mengeksplorasi penggunaan teknik interpolasi dalam produksi animasi
motion grafis “Ambang Batas Alam Semesta”. Metode penciptaan dilakukan
melalui tahapan pra-produksi, produksi, hingga pasca-produksi dengan
memanfaatkan perangkat lunak Adobe After Effects dan tools Graph Editor sebagai
media utama. Karya animasi ini membahas penerapan interpolasi pada transformasi
objek, transisi visual, serta pengaturan ritme gerakan yang mendukung
penyampaian narasi ilmiah mengenai fenomena Lubang Hitam. Interpolasi
digunakan untuk menciptakan transisi yang halus, memperkaya dinamika visual,
dan mempermudah proses animating dibandingkan metode tradisional
inbetweening. Pembahasan karya menekankan bagaimana interpolasi dapat
mendukung gaya visual flat design ala Kurzgesagt, sekaligus menjaga konsistensi
timing, spacing, dan appeal animasi. Selain itu, integrasi interpolasi dengan prinsip
animasi klasik seperti slow in and slow out serta anticipation mampu menghasilkan
gerakan yang lebih ekspresif. Hasilnya, karya animasi “Ambang Batas Alam
Semesta” berhasil menampilkan narasi edukatif dengan visual yang dinamis, efisien
dari segi produksi, serta komunikatif terhadap target audiens remaja. Penerapan
interpolasi terbukti mampu meningkatkan keluwesan animasi, mengoptimalkan
alur kerja, dan memberikan hasil yang mendekati standar industri.
Tidak tersedia versi lain