Perpustakaan Sekolah Tinggi Multi Media

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Implementasi Teknik Rotoscoping untuk Efektivitas Produksi Animasi 2D pada Film Tilt
Penanda Bagikan

Text

Implementasi Teknik Rotoscoping untuk Efektivitas Produksi Animasi 2D pada Film Tilt

Ekaputri Kurniasari Maulidina - Nama Orang;

Perkembangan teknologi digital dalam beberapa dekade terakhir berkembang pesat
dan memberi dampak signifikan terhadap kehidupan manusia, termasuk bidang
animasi. Animator dituntut untuk meningkatkan efektivitas produksi sekaligus
menjaga kualitas karya. Penelitian ini bertujuan: (1) meningkatkan efektivitas
produksi animasi dengan metode rotoscoping agar proses lebih cepat tanpa
mengurangi kualitas, (2) mengidentifikasi implementasi teknik rotoscoping dalam
produksi film animasi 2D Tilt beserta tahap-tahap penerapannya, serta (3)
menciptakan animasi yang lebih halus dengan rotoscoping sebagai metode hard
reference guna menghasilkan gerakan natural.
Metode penciptaan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif eksploratif melalui
metode estetis yang dikembangkan oleh Soedarso Sp. Gustami (2007), meliputi tiga
tahap utama: eksplorasi, perancangan, dan perwujudan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa film animasi pendek Tilt berhasil
direalisasikan dengan visual ringan dan ekspresif serta mengangkat tema
kepercayaan diri dan penerimaan diri. Penerapan rotoscoping terbukti efektif dalam
memperkuat storytelling dan emosi karakter, terutama pada adegan yang menuntut
kejelasan gestur dan mimik wajah. Selain itu, teknik tweening digunakan untuk
mendukung efisiensi pada adegan berulang. Secara keseluruhan, kombinasi
rotoscoping dan tweening menjadi pendekatan hybrid yang efektif, ekspresif, dan
efisien dalam produksi animasi 2D berbasis naratif


Ketersediaan
#
Ruang Karya Ilmiah, Skripsi dan Jurnal 285
ANI2025006
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
285
Penerbit
Yogyakarta : Sekolah Tinggi Multi Media "MMTC"., 2025
Deskripsi Fisik
xvii, 127 hlm.: ilus.; 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
791.43
Tipe Isi
Karya Ilmiah
Tipe Media
unmediated
Tipe Pembawa
unspecified
Edisi
-
Subjek
Animasi
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Ekaputri Kurniasari Maulidina
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Sekolah Tinggi Multi Media
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Sekolah Tinggi Multimedia adalah unit penunjang yang berada di dalam Sekolah Tinggi Multimedia yang berfungsi memberikan layanan perpustakaan khususnya bagi sivitas akademika di lingkungan Sekolah Tinggi Multimedia. Perpustakaan Sekolah Tinggi Multimedia berkomitmen penuh untuk memberikan dukungan teknis terhadap kegiatan akademik di Sekolah Tinggi Multimedia, yaitu dalam hal pendidikan dan penelitian. Hal ini dilakukan dengan terus mengembangkan diri dan melakukan inovasi dengan pengembangan koleksi, mengembangkan sistem informasi, serta memberikan layanan prima bagi pemustaka.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?