Text
Roduksi Film Animasi 3D "Vanish" dengan Teknik Cel Shading pada Karakter Monad
Penelitian tugas akhir ini dilatarbelakangi oleh perenungan pribadi penulis mengenai perasaan isolasi dan kesendirian, yang diwujudkan dalam sebuah pertanyaan fundamental: "apa yang akan terjadi jika semua orang di sekitar tibatiba menghilang?". Tujuan dari penciptaan karya ini adalah untuk memproduksi film animasi pendek 3D berjudul "Vanish" yang mengeksplorasi tema kesendirian melalui penerapan teknik cel shading untuk menciptakan estetika visual animasi 2D. Metode penciptaan karya ini mengadopsi pendekatan Design Thinking yang melalui tahapan pra-produksi, produksi, dan pasca-produksi. Proses produksi sepenuhnya memanfaatkan perangkat lunak Blender untuk modelling, texturing, rigging, animating hingga rendering dengan render engine Eevee. Karena shader bawaan Blender tidak memenuhi visi artistik yang diinginkan, teknik utama yang diterapkan adalah pembuatan node group material kustom yang kompleks untuk karakter utama, Monad. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah film animasi berdurasi sekitar 6 menit dengan genre drama misteri. Disimpulkan bahwa pembuatan node group kustom, meskipun memerlukan proses trial and error yang panjang, merupakan metode yang sangat efektif dan fleksibel untuk mencapai efek cel shading yang spesifik dan dapat disesuaikan untuk kebutuhan produksi jangka panjang.
Tidak tersedia versi lain