Text
Penerapan Lighting “Fake” Caustics Underwater pada Animasi 3D “Two Worlds”
Penelitian ini membahas mengenai lighting “fake” caustics dalam proses produksi film animasi 3D berjudul “Two Worlds”. Lighting “fake” caustics adalah sebuah teknik pencahayaan yang digunakan untuk menghasilkan pola-pola cahaya yang dihasilkan ketika cahaya menembus suatu permukaan benda/objek yang memiliki sifat pembiasan cahaya (pembelokan arah cahaya). Pengembangan teknik lighting “fake” caustics ini bertujuan untuk menemukan alternatif lain dalam membuat sebuah scene underwater dalam animasi 3D, karena selama ini tantangan dalam membuat scene underwater adalah penggunaan teknik simulasi yang memakan waktu lama untuk dipelajari. Penulis menggunakan metode Design Thinking dalam menciptakan karya animasi dan Design Thinking terdiri dari 3 karakteristik, yaitu Understand, Improve, dan Apply. Hasil akhir menunjukkan bahwa teknik lighting “fake” caustics mampu menciptakan scene underwater yang menyerupai scene underwater yang dibuat dengan teknik simulasi dan tidak menghabiskan waktu lama untuk membuatnya. Dengan pendekatan ini, penulis berhasil menciptakan scene underwater yang bagus dan menarik dalam film animasi 3D “Two Worlds”. Penelitian ini dapat menjadi refrensi bagi animator yang ingin menciptakan scene underwater tanpa menggunakan teknik simulasi.
Tidak tersedia versi lain