Text
Penerapan Pencahayaan Menggunakan Add-Onscreenspace Global Illumination pada Film Animasi 3 Dimensi "Wiil I Am"
Perkembangan teknologi animasi 3D telah memungkinkan para kreator menghasilkan karya visual yang semakin realistis dengan efisiensi tinggi. Salahsatu tantangan dalam produksi animasi 3D menggunakan Blender Eevee adalahketerbatasannya dalam menampilkan pencahayaan tidak langsung secara akurat. Penelitian ini membahas penerapan Add-On Screen Space Global Illumination(SSGI) sebagai solusi pencahayaan tidak langsung yang efisien dan realistisdalam proses produksi film animasi 3D berjudul "WIIL I AM". Penulismenggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk menganalisis efektivitas add- on SSGI dalam menciptakan visual yang sinematik dan imersif tanpa membebani kinerja perangkat keras secara berlebihan.Film ini mengangkat tema fiksi ilmiahdengan konflik karakter utama yang mengalami disosiasi antara realitas dansimulasi digital. Dalam proses produksi, penulis menerapkan prinsip-prinsipanimasi seperti Anticipation, Staging, dan Exaggeration guna memperkuat ekspresi dan alur cerita. Penerapan SSGI terbukti memberikan hasil pencahayaanyang lebih natural dibandingkan pencahayaan default Eevee, terutama dalamsimulasi pantulan cahaya dan suasana ruang. Hasil karya ini diharapkan dapat menjadi referensi dalam pemanfaatan add-on pencahayaan alternatif untukmeningkatkan kualitas visual dalam produksi animasi 3D yang efisien.
Tidak tersedia versi lain