Analisis Isi, Pengantar Metodologi untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu-ilmu Sosial Lainnya
Metode analisis yang digunakan dalam dokumen seperti semiotika, wacana, framing, naratif, dan hermeneutika mempunyai tujuan yang sama, yakni memahami isi (content) yang terkandungdidalam dokumen tersebut. Metode analisis ini dipakai untuk menganalisis semua bentuk dokumen, baik cetak maupun visual (seperti surat kabar, majalah, buku, kitab suci, surat pribadi, selebaran, radio, televisi, film, iklan, dan grafiti).
Metode "analisis isi" yang menjadi kajian utama buku ini adalah "analisis isi kuantitatif" (quantitative content analysis), dipakai untuk mengukur aspek atau dimensi dari isi (dokumen) yang dilakukan secara kuantitatif. metode analisis isi kuantitatif berupaya meminimalisasi bias subjektivitas penelitian dengan reliabilitas tinggi, dan mengutamakan ketepatan mengidentifikasi isi pernyataan, seperti perhitungan, penyebutan yang berulang dari kata atau kalimat tertentu.
Analisis isi digunakan dalam komunikasi, menjadi salah satu metode utama dalam disiplin ilmu komunikasi dan ilmu-ilmu sosial lainnya seperti Politik, Hukum, Ekonomi, Seni, dan Budaya. Analisis isi terutama digunakan untuk menganalisis isi media cetak maupun elektronika, serta dipakai untuk mempelajari isi semua konteks komunikasi, baik komunikasi antarpribadi, kelompok, maupun organisasi. Dalam bidang sosiologi, para sosiolog menggunakan analisis isi sebagai metode utama dalam kegiatan survei ataupun studi kasus untuk memahami sikap, pandangan, dan perubahan sosial dalam masyarakat,//Syamsu
Tidak tersedia versi lain