Pedoman Lengkap Human Resource Development & General Affair
Sebuah perusahaan memiliki
bagian yang secara khusus mengelola sumber daya manusia yang terlibat di
dalamnya. Bagian tersebut bertanggung jawab untuk melakukan perencanaan,
pengaturan, hingga pengembangan SDM yang ada. Tanggung jawab tersebut diemban
oleh Human Resource Development (HRD). Sedangkan, General Affair (GA) atau
disebut Bagian Umum merupakan bagian perusahaan yang mengurus masalah
operasional perusahaan. General Affair (GA) merupakan tangan kanan operasional
dari departmen HRD.
Beberapa pekerjaannya sangat membantu kelancaran
tugas-tugas pelayanan di bidang SDM.
Buku ini menjelaskan bagaimana cara
mempersiapkan perusahaan mulai dari dokumen pendirian perusahaan, pembuatan SOP
perusahaan, cara perekrutan karyawan sampai penyelesaian konflik dalam suatu
perusahaan. Ada banyak jenis perusahaan yang diakui atau legal hokum di
Indonesia. Ada PT, CV, PMDA, UD, dan lain-lain. Tapi kebanyakan yang dibahas
dalam buku ini adalah perusahaan berjenis PT. Mulai dari bagaimana menjalankan
di domestic ataupun luar negeri. //ir
Tidak tersedia versi lain