Budaya dan Desain Komunikasi Kebijakan Publik Teori dan Contoh Kasus Aplikasinya
Kebijakan
dapat dikategorikan sebagai pesan yang bersumber dari suatu institusi, baik
swasta maupun pemerintah yang ditujukan kepada publiknya agar bersedia untuk
menerima tanpa adanya penolakan. Namun, dalam realitas yang empirik, tidak
semua kebijakan dapat diterima begitu saja, banyak pula kebijakan yang
diabaikan, ditentang, dan bahkan ditolak oleh publik. Bagi komunikaor dan aktor
kebijakan, penting untuk mengetahui dan memahami dengan baik dimensi-dimensi
yang memengaruhi kegagalan dalam komunikasi kebijakan. Buku ini, diawali dengan
variabilitas budaya komunikasi dalam menciptakan efektivitas penerimaan suatu
kebijakan publik. Budaya menjadi entry point penting dalam komunikasi kebijakan
publik karena komunikasi dan budaya tidak bisa dipisahkan. Ketika seseorang
berkomunikasi, maka melekat padanya nilai-nilai budaya. Buku ini juga
menunjukkan dan menjelaskan pola-pola komunikasi, eksistensi komunikator atau
aktor, bentuk, model, sifat pesan, pemilihan media, serta teori-teori dan
contoh kasus sebagai wujud praktis untuk melakukan komunikasi kebijakan. //ir
Tidak tersedia versi lain