Manajemen Kinerja
Manajemen kinerja adalah
proses menyeluruh untuk mengamati kinerja seorang karyawan dalam hubungannya
dengan persyaratan jabatan selama jangka waktu tertentu dan kemudian membuat
penilaian tentang kinerja itu. Tujuannya adalah untuk (a) menentukan relevansi
kinerja individu dan kelompok dengan tujuan – tujuan organisasi, (b)
meningkatkan efektivitas unit kerja, dan (c) meningkatkan kinerja karyawan.
Dalam pandangan banyak ahli manajemen, tujuan umum manajemen kinerja adalah
mengembangkan kapasitas manusia agar dapat memenuhi dan melampaui harapan dan
mewujudkan potensi mereka sepenuhnya, sehingga bermanfaat bagi diri mereka
sendiri dan organisasi. Manfaat manajemen kinerja adalah: 1. Memberikan
kejelasan tentang kinerja seperti apa yang diharapkan dari karyawan
(performance expectations); 2. Memfasilitasi tercapainya kinerja yang
diharapkan; 3. Meningkatkan kualitas hubungan kerja antara manajer dan
karyawan. Untuk mendapatkan manfaat dari manajemen kinerja yang maksimal tentu
membutuhkan tata kelola atau manajemen yang tidak sederhana dan mudah. Karena
itu kehadiran buku ini berandil besar memudahkan para manajer dalam
melaksanakan manajemen kinerja yang efektif.//ir
Tidak tersedia versi lain