Daftar Koleksi

Manajemen Strategi Dinas Komunikasi dan Informatika dalam Mewujudkan Smart Governance Di Kabupaten Pati

Dalam membantu pemerintah melakukan penyusunan strategi guna mewujudkan smart governance, Dinas Komunikasi dan Informatika Pati menerapkan manajemen strategi yang sesuai agar strategi yang disusun dan tujuan yang telah disepakati bersama dapat terwujud. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen strategi Dinas Komunikasi dan Informatika dalam mewujudkan smart governance di Kabupaten Pati. Metode yang digunakan untuk menganalisa data dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, analisa dokumen, dan wawancara dengan Kepala Bagian E-Goverment, Kepala Seksi Pelayanan Pengelolaan dan Pengembangan Aplikasi, serta Staff Fungsional Pranata Komputer Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen strategi Dinas Komunikasi dan Informatika dalam mewujudkan smart governance di Kabupaten Pati sudah berjalan sesuai dengan proses manajemen strategi oleh Hunger dan Wheelen, meskipun masih terdapat beberapa kendala didalamnya. Proses manajemen strategi oleh Hunger dan Wheelen secara tidak langsung sudah diterapkan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika dalam mewujudkan smart governance di Kabupaten Pati.//yn

Oleh Shinta Yekti Nugraheny

Persepsi masyarakat Tentang Kualitas Informasi Mural Sebagai Media Penyampaian Kritik Sosial (Studi Kasus Komunitas Mural Solo Is Solo)

SOLOISSOLO adalah sebuah gerakan yang berupa menitikberatkan pada pemberdayaan ruang publik kota melalui karya-karya seni mural dan ekspresi seni publik lainnya. SOLOISSOLO ada untuk mewadahi pelaku seni mural dalam mengekspresikan jiwa seni mereka. Komunitas yang terdiri dari rata-rata anak-anak vandalisme dan dipersatukan untuk ikut dan lebih membuat kreasi yang menarik di dalam kpmunitas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Dengan pendekatan kualitatif, peneliti dapat mengetahui komunitas  SOLOISSOLO di daerah jalan Gatot Subroto. Berdasarkan hasil penelitian mural SOLOISSOLO memaparkan bahwa mural sebagai media penyampai kritik sosial informasi berguna bagi masyarakat Solo sebagai wadah beraspirasi masyarakat dan juga sebagai tempat mendapatkan informasi serta dapat menghibur dan menjadikan mural sebagai destinasi wisata baru di Kota Solo. SOLOISSOLO menjadikan budaya anak muda zaman sekarang, pop culture (budaya populer), dan lukisan mural lain tergambar di 40 bangunan rumah toko sepanjang koridor Jalan Gatot Subroto. SOLOISSOLO berupaya menjadi sebuah gerakan yang dapat memberi kontribusi bagi kota Solo, khususnya dalam hal pemberdayaan ruang publik yang interaktif, inspiratif, akomodatif  dan ruang partisipatif bagi seluruh warga kota dalam penyampaian sebuah informasi melalui media mural.//yn

Oleh Tio Bagus Saputra

Pemanfaatan Sistem Pengelolaan Kearsipan Elektronik Sebagai Determinan Peningkatan Pelayanan Konsumen Astra Auto2000 Kramat Jati

Teknologi dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dan perusahaan dalam sistem pengelolaan kearsipan. Wujud nyata dalam sistem ini adalah Sistem Pengelolaan Kearsipan Elektronik. Sistem kearsipan ini memiliki tiga jenis dalam pemanfaatannya, adapun jenisnya adalah (1) Sistem Manajemen Dokumen; (2) Sistem Pemindaian Elektronik; (3) Software Manajemen Dokumen. Astra Auto200 Kramat Jati menjadi salah satu perusahaan yang memanfaatkan sistem pengelolaan kearsipan elektronik tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan sistem pengelolaan kearsipan elektronik sudah mampu meningkatkan pelayanan konsumen pada Astra Auto2000 Kramat Jati. Hal ini diukur menggunakan teori pelayanan Salim & Woodward. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pemanfaatan Sistem Pengelolaan Kearsipan Elektronik dapat meningkatkan pelayanan konsumen dari sisi ekonomi; (2) Sistem Pengelolaan Kearsipan Elektronik mampu meningkatkan pelayanan konsumen dalam aspek efisiensi; (3) Pemanfaatan Sistem Pengelolaan Kearsipan Elektronik mampu meningkatkan pelayanan dalam aspek efektivitas; (4) Sistem Pengelolaan Kearsipan Elektronik dapat meningkatkan pelayanan konsumen dalam aspek keadilan dan pemerataan. Dengan begitu Sistem Pengelolaan Kearsipan Elektronik mampu menjadi determinan peningkat pelayanan konsumen pada astra Auto2000 Kramat Jati.//yn

Oleh Aththaariq Rizki

Komunikasi Persuasif Dalam Meningkatkan Kesadaran Membayar Pajak Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah Di Kota Surakarta (Studi Deskriptif Pada KPP Pratama Surakarta)

Pelaku usaha menengah, kecil, mikro berperan cukup besar dalam perekonomian daerah terkait dengan pendapatan pajak. Komunikasi persuasif dilakukan sebagai upaya meningkatkan kesadaran pajak pelaku UMKM. Hal ini dilatarbelakangi oleh belum maksimalnya target penerimaan pajak di Kota Surakarta dari sektor UMKM, pengawasan pajak terhadap pelaku UMKM belum dilaksanakan secara optimal dan kesadaran masyarakat dalam hal membayar pajak masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan komunikasi persuasif dalam meningkatkan kesadaran pajak pelaku UMKM yang dilihat dari penerapan kegiatan yang dilakukan. Penelitian ini menggunakanmetode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data  diperoleh melalui Pegawai Bidang Ekstensifikasi dan Penyuluhan KPP Pratama Surakarta yang melakukan penyuluhan di lapangan dan beberapa pelaku UMKM yang mengikuti kegiatan komunikasi persuasif oleh KPP Pratama Surakarta. Pengumpulan data dilakukan dalam bentuk wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi persuasif  yang menggunakan metode  dilakukan KPP Pratama Surakarta menggunakan metode partisipatif, asosiasi, icing device, fear arrousal, dan pay off idea. Semua metode yang diterapkan dapat meningkatkan kesadaran pajak pelaku UMKM melalui aspek understanding, acceptance dan action.//yn

Oleh Ratna Agustiyani Putri

Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Presensi Siswa Dengan PHP dan SMS Gateway Secara RealTime (MTs Negeri 1 Klaten)

Dalam proses belajar mengajar di semua sekolah saat ini diperlukan sistem presensi siswa salah satu tujuannya adalah untuk meningkatkan kedisiplinan  sekolah. Kehadiran adalah salah satu bagian dalam proses penilaian belajar mengajar di beberapa sekolah, apabila ada siswa yang sering membolos ke sekolah dan orang tua siswa tidak mengetahui hal itu maka akan meresahkan orangtua. Presensi yang berjalan masih menggunakan media konvensional, terutama cara saat memberitahu orangtua siswa klo anaknya tidak berangkat sekolah. Seiring perkembangan teknologi saat ini yang begitu pesat membawa proses otomatisasi dalam proses presensi tersebut. Orangtua akan mendapatkan informasi apa yang dilakukan oleh putranya di sekolah secara tepat waktu, akurat dan realtime. Dirancang sebuah sistem informasi untuk mempersingkat pelaporan kepada orangtua yaitu sistem informasi presensi siswa dengan php dan sms gateway secara realtime. Perancangan sistem tersebut menggunakan metodologi System Development Life Cycle (SDLC) dimana metodologi tersebut adalah metodologi awal untuk perancangan, sehingga dengan adanya perancangan tersebut dapat mempermudah orang tua mendapat sebuah informasi yang dibutuhkan.//yn

Oleh Devta Rouf Fahrudin

Berita Terbaru