Desain Produk Komunikasi Visual Sebagai Sarana Promosi Dalam Upaya Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Di Kecamatan Girimulyo Kabupaten Kulon Progo
  1. Baharuddin
  2. DESAIN VISUAL KOMPUTER GRAFIS KABUPATEN KULON PROGO
  3. STMM MMTC, Yogyakarta, 2015
  4. 006.60959827
  5. xiv+112 hlm.; 21x29 cm.
  6. Karya Ilmiah
  7. Tersedia
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa bentuk desain media promosi wisata yang ada di Kecamatan Girimulyo serta membuat rancangan desain produk komunikasi visual sebagai sarana promosi wisata. Langkah ini ditempuh untuk memberikan solusi atas bentuk desain media promosi wisata yang sudah ada di Girimulyo. Metode penelitian deskriptif kualitatif melalui teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa media promosi wisata di Girimulyo saat ini adalah media promosi dalam bentu poster, spanduk dan penunjuk arah. Poster dan spanduk didesain dengan sangat sederhana, bertujuan untuk menarik perhatian calon wisatawan. Namun penggunaan ilustrasi/gambar, warna, huruf/tipografi, dan layout belum mampu memberikan suatu identitas, ciri khas dan penggambaran yang dapat menarik perhatian calon wisatawan. Sehingga dibutuhkan sebuah rancangan desain komunikasi visual yang dituangkan ke dalam media promosi wisata di Girimulyo.  //yn