Detail Buku

Analisis Semiotika Iklan Politik Terhadap Citra Diri Prabowo Subianto Pada Pemilu 2019

ISBN
Pengarang
Nurman Hafizd Mahendra
Subyek
PERIKLANAN-KAMPANYE PEMILU
Penerbit
STMM MMTC, Yogyakarta, 2019
Klasifikasi
658.82 324.9
Kolasi
xv+83 hlm.; 21.5x30 cm.; illuss.
Jenis
Karya Ilmiah
Status
Tersedia

Kompetisi politik dalam pemilu tahun 2019 mengharuskan seluruh peserta pemilu bekerja keras untuk meraih kemenangan sehingga beragam cara ditempuh, salah satunya menayangkan iklan politik di stasiun televisi. Prabowo Subianto merupakan salah satu kandidat politik yang menggunakan jasa iklan dengan tema mensejahterakan masyarakat kalangan bawah dan mempersatukan perbedaan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder dengan metode studi pustaka, observasi, dan dokumentasi dengan analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yaitu Prabowo Subianto adalah tokoh Citra yang ditampilkan dalam iklan politik. Prabowo Subianto menggambarkan dengan jelas sosok Prabowo Subianto yang memprioritaskan dan merangkul masyarakat golongan ekonomi lemah, yang terdiri dari petani, nelayan, pelaku UMKM, buruh dan pengangguran. Dan sosok  yang sangat menjunjung tinggi pluralitas bagi bangsa Indonesia  dekat dengan rakyat, mau berbaur dan melihat kondisi rakyat. Prabowo Subianto adalah seorang pemimpin dan pengayom yang bijaksana, mengakui berbagai perbedaan dalam masyarakat Indonesia, tidak memihak pada golongan tertentu, peduli dengan kondisi perekonomian di Indonesia.//yn

Berita Terbaru