Buku

Seratus Satu Trik Berbicara: Mengupas Strategi Dahsyat Membangun Komunikasi Efektif di Setiap Situasi

Komunikasi adalah tulang punggung dalam kehidupan sosial kita. Tanpa keterampilan komunikasi, kemampuan untuk maju di dunia kerja dan kehidupan itu sendiri hampir mustahil dicapai. Tapi sayangnya, berbicara di depan umum adalah salah satu bentuk komunikasi yang esensial dan paling ditakuti. Padahal ini memiliki dampak yang sangat besar pada karier dan tingkat kesuksesan Anda. Seseorang yang berbicara terbata-bata di depan publik tentu tidak dapat meyakinkan publik terhadap isi pesan yang disampaikan. Buku ini disusun dengan maksud membantu pembaca sekalian memahami bagaimana membangun komunikasi yang efektif dan meyakinkan, mengatasi rasa takut atau grogi berbicara di depan umum, dan hal-hal lain yang perlu diperhatikan dalam berbicara.//yn

Oleh Ardhina Nugraheni

Perancangan Puzzle Game Finding Kalimaya

Batu akik merupakan jenis batu permata dengan warna dan motif indah yang berasal dari campuran mineral alam dengan komposisi kimia alam yang berbeda-beda. Perhiasan batu akik menjadi barang yang bernilai karena memiliki harga jual dan diminati masyarakat. Indonesia memiliki banyak batu akik yang tersebar di penjuru nusantara, salah satunya adalah batu akik yang menjadi ciri khas daerah Banten yaitu batu akik Kalimaya. Batu akik Kalimaya memiliki beberapa jenis seperti black opal dan Kalimaya kristal, serta masih banyak lagi. Tren batu akik hanya berlangsung selama satu tahun dan permintaan pun mulai menurun. Hal ini mendorong perlunya dibuat media game yang dapat lebih mengenalkan batu akik kembali, sebagai konten lokal. Game ini menjadikan perhiasan batu akik jenis black opal dan Kalimaya kristal sebagai objektif games, sehingga game ini dinamakan Finding Kalimaya Maka dari itu, games Finding Kalimaya dirancang menjadi sebuah game dengan tujuan memvisualisasikan perhiasan batu akik pada media games. Pada proses pembuatannya game Finding Kalimaya dibuat dengan framework OCR atau Objective, Challenge, dan Reward. Berdasarkan hasil testing sebanyak 31 orang secara acak, sebanyak 22 orang (71%) tidak mengetahui batu akik Kalimaya berasal dari Banten dan 28 orang (90,3) tertarik jika terdapat game tentang batu akik. Secara keseluruhan 29 orang (935%) pengemasan konten perhiasan batu akik Kalimaya sudah cukup hingga sangat bagus dari segi storytelling, level, dan environment. //ir

Oleh Agung Ridwanto

Perancangan Game 2D Platformer T-Bot Adventure

Masalah yang berkaitan dengan lingkungan di Indonesia sudah semakin serius. Pengelolaan sampah yang buruk menyebabkan terjadinya kerusakan lingkungan di berbagai wilayah. Belum adanya game tentang pengolahan sampah yang bergenre 2D platformer mendorong perlunya dibuat game bergenre itu. Game ini dinamakan T_BOT dan dibuat sebagai media penyaluran informasi kepada masyarakat dalam isu lingkungan ini khususnya permasalahan sampah. Pembuatan game ini dilakukan dalam 3 tahap, yaitu praproduksi, produksi, dan pasca produksi. Pada tahap praproduksi, tim melakukan brainstorming mengenai tema yang diangkat dalam game ini serta melakukan riset tentang tema itu. Di tahap produksi, dilakukan pembuatan semua aset game yang kemudian dimasukkan ke dalam game engine Unity. Pada tahap pascaproduksi, game masuk ke dalam fase game testing dan debuging hingga layak dirilis ke platform itch.io. Target usia pemain game ini adalah usia 15 tahun ke atas. Pada gameplay-nya, karakter yang berupa robot harus berlari di atas platform yang disediakan serta menghindari serangan musuh-musuh yang ada. Pemain juga diwajibkan untuk mengambil objek sampah yang disediakan untuk mengganti baterai yang habis karena digunakan untuk menggerakan karakter robot. Hal itu menggambarkan sampah plastik yang banyak ditemui di area sekitar rumah dapat diubah menjadi energi gerak untuk robot. Validasi game ini menyimpulkan bahwa karakter, gameplay, dan environment game ini menarik dan dapat menjadi sarana penyaluran informasi mengenai pengolahan sampah. //ir

Oleh Kumara Damar Pramodana

Penciptaan Game Puzzle "Enigma"

Berpikir kritis merupakan soft skills yang berkaitan dengan kemampuan mengidentifikasi, menganalisis, dan memecahkan masalah secara kreatif dan berpikir logis sehingga menghasilkan pertimbangan dan keputusan yang tepat. Untuk dapat menyadari bahwa berpikir kritis itu penting perlu adanya stimulasi yang membuat otak untuk berpikir, contohnya dengan memainkan game teka-teki/puzzle. Penciptaan game puzzle ENIGMA sendiri bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis seseorang. Dalam proses penciptaannya dilakukan riset secara pustaka yakni dengan mengumpulkan data mengenai permasalahan berpikir kritis dari buku, jurnal, maupun laporan hasil penelitian. Tahapan selanjutnya dalam pengolahan data yang sudah di dapatkan sebelumnya untuk dijadikan sebuah konsep permainan yang sesuai dengan permasalahan. Konsep diawali dengan bagaimana bentuk game akan dibuat. Konsep tersebut terdiri atas beberapa hal diantaranya adalah character, obstacle, dan win-lose condition. Hal tersebut memiliki elemen yang membentuk sebuah gameplay yaitu asset. Pada asset terdiri beberapa hal diantaranya environment, sound, serta user interface. Melalui hasil testing game mendapatkan rata - rata rating sebesar 84,7/10 dan 61,9% pemain menyatakan lumayan, 33,3% cukup, dan ada 4,8 % yang merasa lebih sangat berpikir ritis. //ir

Oleh Noferio Sandy Surya Nugraha

Berita Terbaru