Buku

Penerapan Algoritma Collision Avoidance System pada NPC Game 3D "Balap Karung"

Saat ini dengan pesatnya perkembangan teknologi, kita diberikan kemudahan mencari hiburan seperti game. Sekarang ini game bisa dengan mudah dijalankan di berbagai media salah satunya smartphone. Kebanyakan smartphone menggunakan sistem operasi (OS) Android dan IOS. Di antara 2 OS tersebut yang sedang populer saat ini adalah Android .Penelitian ini bertujuan untuk membuat AI NPC yang dapat menghindari setiap obstacle yang ada dengan menggunakan algoritma Collision Avoidance System. Hasil dari penelitian ini adalah permainan berbasis android dengan menerapkan algoritma Collision Avoidance System yang dapat membuat AI NPC menghindari obstacle. Penerapan algoritma pada NPC dibuat melalui 3 tahap yaitu Perancangan dengan membuat flowchart dari algoritma, kemudian penulisan program dari Collision Avoidance System dan terakhir pengujian pada AI NPC. Pengujian dilakukan dengan membandingkan reaksi NPC 1 dan NPC 2 dalam melewati obstacle ketika dalam berbeda jalur dengan dilakukan Bersama - bersama antar NPC. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan terhadap AI NPC, NPC berhasil menghindari obstacle yang ada di depannya serta player . //ir

Oleh Gugah Alwan Hamanako

Perancangan Desain Game Anvek 2.5D Side Scrolling Game

Perlombaan balap karung merupakan salah satu permainan tradisional yang sering dimainkan pada hari kemerdekaan Indonesia, yaitu 17 Agustus. Selain harus berlomba untuk mencapai garis finish terlebih dahulu, peserta harus memperhatikan keseimbangan badan agar mereka tidak terjatuh ketika melompat-lompat. Perlombaan balap karung memiliki filosofi tentang penggambaran ketika penjajahan yang dilakukan Jepang kepada bangsa kita dulu.Terdapat beberapa game yang sudah mengangkat permainan balap karung, tapi belum ada game dengan mekanik yang lebih bervariasi seperti, mekanik quick time event yang muncul ketika pemain bermain, rintangan yang memberikan efek perlambatan dan percepatan gerakan pemain. Penelitian ini bertujuan untuk merancang mekanik game dengan efektif dan berbasis Android. Proses perancangan mekanik pada game ini diawali dengan melakukan riset dan analisis data terhadap permainan tradisional balap karung dan referensi-referensi yang diambil dari game lain. Pengujian dilakukan menggunakan metode black box dengan menguji semua mekanik yang ada pada game. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan pada mekanikmekanik yang ada dapat disimpulkan, bahwa mekanik tersebut dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan rancangan yang telah dibuat sebelumnya. //ir

Oleh Siregar, Puspanegara Diva

Perancangan Mekanik pada Game 3D "Balap Karung"

Perlombaan balap karung merupakan salah satu permainan tradisional yang sering dimainkan pada hari kemerdekaan Indonesia, yaitu 17 Agustus. Selain harus berlomba untuk mencapai garis finish terlebih dahulu, peserta harus memperhatikan keseimbangan badan agar mereka tidak terjatuh ketika melompat-lompat. Perlombaan balap karung memiliki filosofi tentang penggambaran ketika penjajahan yang dilakukan Jepang kepada bangsa kita dulu.Terdapat beberapa game yang sudah mengangkat permainan balap karung, tapi belum ada game dengan mekanik yang lebih bervariasi seperti, mekanik quick time event yang muncul ketika pemain bermain, rintangan yang memberikan efek perlambatan dan percepatan gerakan pemain. Penelitian ini bertujuan untuk merancang mekanik game dengan efektif dan berbasis Android. Proses perancangan mekanik pada game ini diawali dengan melakukan riset dan analisis data terhadap permainan tradisional balap karung dan referensi-referensi yang diambil dari game lain. Pengujian dilakukan menggunakan metode black box dengan menguji semua mekanik yang ada pada game. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan pada mekanikmekanik yang ada dapat disimpulkan, bahwa mekanik tersebut dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan rancangan yang telah dibuat sebelumnya. //ir

Oleh Muhammad Dhimas Saktyawan

Perancangan Antarmuka Game 3D "Balap Karung"

Permainan tradisional adalah bentuk dari pengetahuan yang turun menurun, salah satu permainan tradisional yaitu Balap karung. Interface merupakan salah satu unsur visual yang membangun sebuah game. Antarmuka pengguna atau yang biasa disebut user interface merupakan sebuah mekanisme komunikasi antara user atau pengguna dengan sistem dapat memberikan informasi kepada pengguna yang memiliki tujuan untuk membantuk mengarahkan alur navigasi sampai pengguna menemukan solusi yang dicari. Penciptaan user interface pada permainan 3D Balap Karung sebagai perancangan visual untuk game Balap Karung yang akan diciptakan pada sistem berbasis android. Proses penciptaan visual user interface dilakukan dengan melakukan riset terhadap penggunaan warna pada user interface. Penggunaan warna yang sesuai pada style game Balap Karung akan digunakan. Metode System Usability Scale (SUS) akan digunakan sebagai pengujian usability game Balap Karung. Melalui hasil testing game menggunakan metode SUS dengan cara menyebarkan kuesioner secara online yang akan diisi oleh para responden setelah mereka bermain game Balap Karung, score rata-rata SUS 69,42 diperoleh setelah menghitung hasil kuesioner dari responden. Menurut score dan hasil dari para responden dapat disimpulkan bahwa usability pada game Balap Karung dikatakan bagus serta tombol dan visual yang ada sesuai dengan tujuan fungsinya masing-masing. Menurut teori penghitungan score SUS dengan score 69,42, game Balap Karung mendapatkan rating Good daam segi usability. //ir

Oleh Anugrah Dwirangga

Ana Uhibbuka Oppa

Buku dengan judul Ana Uhibbuka Oppa merupakan buku karya sastra berupa novel yang bercerita... "Aku adalah milik Allah. Kamu juga milik Allah. Hanya Allah sajalah yang membuat kita bisa saling memiliki" (Aisha). "Aku akan selalu bersyukur karena pernah mencintaimu. Sekalipun kita tidak akan berjodoh, aku akan tetap bersyukur. Mengapa? Karena Tuhan berjanji bahwa jika kita bersyukur, maka nikmat kita akan selalu bertambah" (Seokjin). "Cita-cita kini telah berubah. Aku ingin selalu dekat dengan-Nya, dan selalu bahagia denganmu" (Alif).//yn

Oleh Diandra Kanaya

Berita Terbaru